Rumuskan Penanganan Persoalan Perkotaan, Pemkot Gandeng UPI dan BPPT

Spread the love

Jurnalline.com, Kota Tangerang – Pemerintah Kota Tangerang menggelar apel dalam rangka memperingati HUT Satpol PP ke 69 dan Satlinmas ke 57 di Pusat Pemerintahan Kota Tangerang, Senin (18/3).

Dalam apel pagi tersebut turut pula dilakukan penandatangan MoU antara Pemkot Tangerang dengan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) dan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) yang dilakukan langsung oleh Wali Kota Tangerang H. Arief R. Wismansyah dan juga perwakilan BPPT Deputi Bidang Pengembangan Teknologi SDA, Prof. Wimpie Agoeng Noegroho Aspar, PhD dan rektor UPI Prof. Dr. H.R Asep Kadarohman, M.Si.

Dalam sambutannya, Wali Kota menyampaikan kerjasama kemitraan dengan UPI tersebut difokuskan pada bidang Pendidikan, Penelitian, Pelatihan dan Pengabdian kepada masyarakat Kota Tangerang sedang keerjasama dengan BPPT lebih dititik beratkan pada Pengkajian, Penerapan dan Pemasyarakatan Teknologi di Kota Tangerang.

“Kerjasama ini baru pertama kali dengan UPI dan program – program yang akan dikerjasamakan antara lain terkait kampung iklim dan kompetisi Cooling Roof,” imbuhnya.

“Dan dengan BPPT ini sudah ke dua kalinya yang sekarang lebih menitikberatkan penerapan teknologi untuk mendukung pembangunan berkelanjutan di Kota Tangerang,” jelas Arief.

Usai ditemui setelah Apel, Arief berharap dengan adanya MoU dengan UPI dan BPPT Pemkot dapat terbantu dalam hal penanganan persoalan perkotaan yang terjadi di Kota Tangerang.

“Jadi UPI ini punya banyak peneliti – peneliti lingkungan makanya kita kerjasama semangatnya untuk membangun lingkungan yang berkelanjutan di Kota Tangerang,” terang Arief.

“Kita kan punya program kampung iklim jadi bagaimana nantinya kampung – kampung yang ada di 1004 Rw ini yang tadinya tidak tertata jadi tertata, ditambah lagi bagaimana nanti yang kampungnya panas jadi sejuk karna bukan cuma pengijauan saja yang diteliti tapi bagaimana kalau perlu nanti rumah itu bisa enggak pake AC tapi tetap sejuk,” jelasnya.

“Kita juga banyak mempunyai sarana dan prasarana, nah nanti bagaimana kita bisa memanfaatkan kajian – kajian dari temen – temen UPI untuk bisa diimplementasikan,” tambah Arief.

Pada kesempatan yang sama, Rektor UPI Prof. Asep Kadarohman mengatakan bahwa UPI menyambut baik kerjasama ini karena riset – riset yang dilakukan oleh UPI berbasi lingkungan.

“Dengan kerjasama ini kita menjadi ada sinergitas riset yang dilakukan oleh peneliti kita dengan program dari Pemerintah Kota Tangerang, ini sangat berkaitan,” ujar Asep.

“Pemkot Tangerang juga akan ikut kompetisi Cooling Roof yang berbasis International, nah nanti kita sebagai pendamping dan mensuport untuk data – data yang dibutuhkan dalam kompetisi ini,” tukas Asep.

(Red/hms)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.