AAL Panen Prestasi

Spread the love

Jurnalline.com, Surabaya – Akademi Angkatan Laut (AAL) Bumimoro Surabaya sebagai tuan rumah kegiatan Pekan Integrasi dan Kejuangan (Piktar) ke XXV tahun 2019 panen juara pada kegiatan Piktar yang diikuti sekitar 473 personel taruna dari Akademi Angkatan dan Akademi Kepolisian yaitu 121 taruna Akmil, 119 taruna AAL, 113 taruna AAU dan 120 taruna Akpol, serta 400 an taruna dari 3 Akademi Militer dan Kepolisian.

Pernyataan tersebut diungkapkan Gubernur Akademi Angkatan Laut (AAL) Laksamana Muda TNI Edi Sucipto, S.E., M.M. kepada para peserta apel pada acara Apel Khusus Akademi Angkatan Laut di lapangan Banda AAL, Bumimoro Surabaya, Senin (30/4).

Mereka semua merupakan personel dari taruna Akademi Angkatan dan Akademi Kepolisian terintegrasi saling berlomba dalam berbagai cabang olahraga yang dipertandingkan pada even Piktar ke XXV tersebut guna meraih sang juara. Adapun 8 cabang olahraga yang dipertandingkan adalah atletik, bulutangkis, tenis meja, bola voli, renang, menembak, orentering, obstacle run dan obstacle swim.

Gubernur AAL juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada Ketua Penyelenggara Pekan Integrasi dan Kejuangan Taruna (Piktar) ke XXV tahun 2019 Wakil Gubernur AAL Brigjen TNI (Mar) Endi Supardi, S.E., Koordinator Penyelenggara Kadepjas AAL Kolonel Marinir Soni Kunila, Komandan Kontingen Piktar ke XXV Letkol Marinir Herfianto beserta staf, Komandan Resimen AAL Kolonel Laut (P) Isswarto beserta jajarannya, para pelatih dan para taruna AAL serta seluruh prajurit dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) jajaran Akademi Angkatan Laut atas semua partisipasi aktif dan kontribusi positif sehingga pelaksanaan kegiatan Piktar ke XXV tahun 2019 dapat berjalan dengan aman, tertib dan lancar.

Keberhasilan pelaksanaan Piktar yang terwujud berkat kerja keras, dedikasi tinggi dan kesungguhan hati dengan dilandasi semangat kebersamaan, kemitraan dan kekeluargaan sehingga mampu meningkatkan disiplin, semangat integrasi dan kejuangan serta sportifitas para taruna Akademi Angkatan dan Kepolisian sebagai calon pemimpin TNI dan Polri di masa depan. Piktar yang terlaksana secara terintegrasi, terdiri dari empat kontingen yaitu kontingen Gatot Subroto dari Akmil, kontingen Yos Sudarso dari AAL, kontingen Adi Sutjipto dari AAU dan kontingen RS Soekanto dari Akademi Kepolisian, tegas Gubernur Akademi Angkatan Laut.

Gubernur AAL menyampaikan, bahwa kontingen Yos Sudarso berhasil menduduki peringkat pertama sebagai juara umum dengan meraih 19 mendali emas, 8 mendali perak dan 8 mendali perunggu, dengan perolehan keseluruhan 35 mendali. Khususnya cabang renang hampir semua diambil oleh AAL.

Semua yang sudah dicapai pada kegiatan Piktar merupakan hasil kerja keras para taruna, para pelatih, official dan pengasuh serta dukungan dari seluruh prajurit AAL yang telah menguras tenaga, keringat dan pikiran sehingga membawa para taruna menjadi semakin lebih baik. Pertahankan dan tingkatkan terus apa yang sudah kalian capai, jadikan semua pengalaman yang kalian dapat pada even Piktar, sebagai motivasi kalian untuk terus belajar dan berlatih dengan sungguh-sungguh sehingga harapan kita kedepan dapat terwujud.

Sementara itu, taruna AAL pada lomba karya tulis ilmiah sudah kali kedua berhasil meraih peringkat kedua setelah IPB pada lomba karya tulis ilmiah nasional di Universitas Muhammadyah Semarang dan sebelumnya mendapat juga peringkat kedua pada lomba karya tulis ilmiah nasional di Universitas Maritim Raja Ali Haji (Umrah) Provinsi Kepulauan Riau dari 50 an (sesuai abstrak yang masuk) Universitas se Indonesia.
Institusi AAL telah diakui mendapat predikat dari Dikti Nasional terakreditasi A setelah melalui berbagai penilaian oleh assessor, selain lima program studi yang ada di Akademi Angkatan Laut, empat diantaranya juga sudah diakui Dikti terakreditasi A yaitu Diploma IV Manajemen Pertahanan Matra Laut untuk taruna/taruni Korps Pelaut dengan Akreditas A, Diploma IV Teknik Mesin Kapal Perang untuk taruna/taruni Korps Teknik dengan Akreditasi A, kecuali Diploma IV Teknik Elektronika Kapal Perang untuk taruna/taruni Korps Elektronika masih dengan Akreditasi B, Diploma IV Manajemen Logistik dan Keuangan Matra Laut untuk taruna/taruni Korps Suplai dengan Akreditasi A, dan Program Studi Manajemen Pertahanan Matra Laut Aspek Darat untuk taruna Korps Marinir dengan Akreditasi A. Merupakan tantangan bagi kita semua di AAL untuk selalu berupaya meningkatkan kualitas hasil Didik AAL dan tugas ini tidak ringan serta perlu komitmen kuat kita bersama, termasuk taruna sebagai objek yang dididik, penegasan Gubernur AAL Kembali.

Hadir pada acara tersebut Wakil Gubernur Akademi Angkatan Laut, Para Pejabat Utama Akademi Angkatan Laut, Komandan Kontingen Piktar ke XXV beserta staf, para Perwira, Bintara, Tamtama dan Pegawai Negeri Sipil Akademi Angkatan Laut, Ketua Cabang Berdiri Sendiri (BS) Jalasenastri AAL Ny. Eni Edi Sucipto beserta para pengurus serta para taruna/taruni Akademi Angkatan Laut.

Penulis : Fram
Editor : Andre
Sumber : Kabagpen AAL

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.