Danrem 071/Wijayakusuma Pantau Pelaksanaan Pemilu Pilpres dan Pileg

Spread the love

Jurnalline.com, Purbalingga – Guna menciptakan situasi aman, damai dan lancar dalam rangka Pemilihan Umum Pilpres dan Pileg Tahun 2019, Danrem 071/Wijayakusuma, Kolonel Kav Dani Wardhana, S.Sos., M.M., M.Han., memantau pelaksanaan Pemilu melalui posko pengamanan Pemilu Pilpres dan Pileg Tahun 2019 dikoramil bobot sari kodim 0702/Pbg, Rabu (17/4/2019).

“Posko pengamanan Pilkada ini dalam rangka memonitor perkembangan situasi pelaksanaan Pemilu Pilpres dan Pileg, khususnya situasi di TPS yang ada di wilayah Kecamatan Bobotsari Kabupaten Purbalingga,” ungkap Danrem disela kegiatannya di posko pengamanan.

Menurut Kolonel Dani, selaku Dansatgas pengamanan wilayah jajaran Korem 071/Wijayakusuma mengatakan, bahwa tugas pengamanan Pemilu Pilpres dan Pileg ini dalam rangka membantu tugas kepolisian dalam menciptakan situasi yang aman dan kondusif pada saat pencoblosan suara sampai dengan penghitungan suara.

“Untuk jumlah TPS, yang tersebar diwilayah Purbalingga berjumlah 2989 TPS dan sejajaran Korem 071/Wijayakusuma 39.863 TPS yang hari ini menggunakan Hak pilihnya untuk melaksanakan pencoblosan suara guna memilih calon pemimpin bangsa lima tahun kedepan,” ujarnya.

Kolonel Dani menambahkan, satuan yang dikerahkan dalam pengamanan Pemilu Pilpres dan Pileg Tahun ini terdiri dari satuan organik Korem 071/Wijayakusuma, Kodim jajaran Korem 071/Wk, Balak Aju Kodam IV/Diponegoro jajaran Korem 071/Wk dan satuan non organik BKO Satpur dan Satbanpur Kodam IV/Dip serta satuan TNI lainnya dengan kekuatan 5000 orang, yang semuanya insert di wilayah masing-masing bersama dengan unsur Polri.

“Pasukan yang ada telah kita sebar untuk melaksanakan pengamanan pencoblosan yang ada diwilayah untuk membantu Polri dalam pengamanan saat pencoblosan suara,” terangnya.

Dani menegaskan, posko pengamanan Pemilu Pilpres dan Pilkada ini sudah mulai operasional dari tgl 19 maret 2019 sampai dengan penetapan capres dan cawapres, guna memonitor setiap perkembangan situasi yang mungkin timbul yang berdampak pada keamanan.

“Kami berharap, pengamanan Pemilu Pilpres dan Pileg ini perlu mendapatkan perhatian khusus, agar pelaksanaannya berjalan dengan aman, damai dan lancar,” tegasnya.

Dalam menjaga netralitas, Kolonel Dani juga tidak lupa menyampaikan dan mengingatkan kepada seluruh prajuritnya untuk benar-benar menjaga netralitas TNI didalam pelaksanaan kegiatan pelaksanaan Pemilu Pilpres dan Pileg Tahun 2019.

“Saya mengintruksikan kepada prajurit untuk tidak ragu-ragu dalam melaksanakan tugasnya dan jaga netralitas TNI serta laksanakan tugas sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku,” tutupnya.

Penulis : Dp/Fram
Editor : Fay

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.