Kajati Sulut Dukung Program Indonesia Bersih Sampah

Spread the love

Jurnalline.com, Sulawesi Utara – Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Sulawesi Utara (Sulut) M. Roskanedi, SH selaku Pengawas Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) Wilayah Sulawesi Utara mendukung kegiatan Program Indonesia Bersih dan Pelaksanaan program Bidang Kerja Sosial Budaya Ikatan Adhyaksa Dharmakarini Lingkungan Wilayah Sulawesi Utara yang dipusatkan di Kawasan Pantai Megamas Manado, Jumat (26/4/2019)

Kegiatan yang dilaksanakan Ikatan Adhyaksa Dharmakarini Wilayah Kejaksaan Tinggi Sulawesi Utara, dibuka oleh Ketua IAD Wilayah Sulut Ny. Soraya Djamin Roskanedi dan diikuti oleh seluruh pengurus dan anggota IAD Wilayah Sulut dan Kejari Manado, para Asisten, Kabag Tata Usaha, para koordinator, para Pejabat Eselon IV, V dan seluruh pegawai Kejati Sulut dan Kejari Manado, Para Kepala Kejaksaan Negeri se-Sulawesi Utara, dan para wartawan baik cetak maupun elektronik.

Maksud dan Tujuan kegiatan ini adalah sebagai tindak lanjut dari surat Ketua Umum Ikatan Adhyaksa Dharmakarini Pusat Kejaksaan Agung R.I nomor : B-018/Sekr/IAD.01/II/2019 tanggal 28 Februari 2019 perihal Pelaksanaan Program Indonesia Bersih.

“Selaku Pengawas IAD Wilayah Sulut mengatakan dalam rangka mendukung program Indonesia Bersih dan Pelaksanaan program Kerja Bidang Sosial Budaya IAD Pusat, juga mendukung program Nasional gerakan Indonesia bersih sampah 2020,” Ujar Roskanedi

Lanjutnya selaku Kajati Sulut mengucapkan terima kasih kepada seluruh pegawai Kejati Sulut dan Kejari Manado yang secara sukarela datang ditempat ini dan secara sukarela membantu ibu-ibu memunggut sampah khususnya plastik.

“Saya bangga kita bisa bersama-sama untuk melaksanakan kegiatan ini karena saya melihat ukurannya sampah yang banyak disekitar sini terutama di pinggiran pantai. Mudah-mudahan kegiatan ini juga terus berlanjut bukan hanya diluar kantor tapi di kantor kita sendiri juga harus bersih.” Ucap Kajati

Sementa itu Ketua IAD Wilayah Sulut Ny. Soraya Dj Roskanedi, mengatakan kegiatan pada hari ini dalam rangka mendukung dan mewujudkan Program Indonesia Bersih dan Pelaksanaan program Kerja Bidang Sosial Budaya Ikatan Adhyaksa Dharmakarini tentang Lingkungan Hidup.

“Berkoordinasi dengan Dinas, Kegiatan ini juga bagian dari gerakan revolusi mental yaitu Organisasi aksi solidaritas Era Kabinet Kerja (OASE).” Papar Soraya Dj

Diketahui tujuan kegiatan ini adalah memberikan motivasi dan dorongan kepada kita semua kususnya serta masyarakat pada umumnya agar semakin peduli dalam menjaga lingkungannya, melalui berbagai upaya bersama dan tindakan nyata dengan sasaran mencakup kesehatan, sarana pemerintah, infrastruktur, sarana milik swasta maupun lingkungan di masyarakat.

“Pengendalian sampah bukan hanya melalui proses daur ulang tetapi mengurangi timbunan sampah plastik juga merupakan salah satu cara untuk mengatasinya. Sudah saatnya kita memikirkan kelanjutan lingkungan dengan memperhatikan sampah yang kita hasilkan.”

Berharap kita semua dapat lebih peka untuk berbaur dan memiliki rasa empati terhadap lingkungan sekitar dengan memulai dari tindakan-tindakan yang sederhana, karena perubahan besar selalu dimulai dari tindakan-tindakan sederhana yang dilakukan secara terus menerus.” Pungkas Soraya

Acara yang dimulai pada pukul 06.30 wita sampai selesai dilaksanakan berbagai kegiatan, yaitu Senam pagi bersama, Acara Pembukaan oleh Ketua IAD Wilayah Sulut ditandai dengan penyerahan peralatan bersih sampah, yang secara simbolis diserahkan oleh Ketua IAD Wilayah Sulut didampingi Kajati Sulut kepada Ny. Jackly Pitoy yang mewakili IAD Wilayah Sulut dan Mas’ud, SH, MH yang mewakili Pegawai Kejati Sulut.

Penulis : Effendy Iskandar
Editor : Fay

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.