Mantapkan Pengamanan Pemilu Korem dan Polda Gelar Simulasi

Spread the love

Jurnalline.com, Sulawesi Utara –Pelaksanaan Pemilu 2019 pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden sebentar lagi akan berlangsung pada tanggal 17 April 2019 dimana kegiatan pemilu serentak ini baru pertama kali terjadi di Indonesia bahkan dunia sehingga dalam hal ini perlu antisipasi yang ekstra ketat agar tidak menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, Korem 133/Nani Wartabone dan Polda Gorontalo serta stakholder terkait menggelar latihan simulasi pengamanan pemilu 2019 yang berlangsung dan dimainkan di atas peta wilayah Gorontalo di aula Kusno Danupoyo.

Dipimpin langsung Danrem 133/Nani Wartabone Kolonel Czi Arnold AP Ritiauw dan Kapolda Gorontalo yang diwakili Karoops Polda Gorontalo Kombes Pol Frans dan KPU serta Bawaslu Provinsi Gorontalo.

Dalam kegiatan ini Danrem 133/Nani Wartabone, dalam sambutan mengatakan tujuan kegiatan ini adalah untuk mematangkan rencana sinkronisasi, integrasi, dan perpaduan pelaksanaan tugas Korem 133/Nani Wartabone.

“Selaku Satgas Ops TNI beserta Subsatgas jajaran dalam rangka menghadapi Pilleg dan Pilpres 2019, terutama dalam upaya perbantuan kepada Polri dalam hal ini Polda Gorontalo oleh karena itu, seluruh peserta harus memahami tugas dan tanggung jawabnya masing-masing, terlebih khusus jalur koordinasi yang harus ditempuh guna keberhasilan pelaksanaan tugas yang diemban.” Tutur Danrem Ritiauw

Selanjutnua, penuh keyakinan bahwa rancangan TFG yang akan digelar nanti benar-benar dapat memberikan pemahaman yang komprehensif kepada para prajurit Korem 133/Nani Wartabone dalam menjalankan tugas perbantuan pengamanan Pilleg dan Pilpres 2019 kepada Polri, gunakan waktu yang ada seefektif dan seefisien mungkin untuk berkoordinasi dan berdiskusi, sehingga Latihan TFG Korem 133/Nani Wartabone benar-benar realistis.

Usai kegiatan dilanjutkan dengan simulasi pemilu 2019 yang dimainkan di atas peta dengan nama Tactical Floor Game (TFG).

“dalam pemaparan ini dilakukan oleh para Kapolres jajaran Polda Gorontalo, Dandim 1304/Gorontalo dan Dandim 1313/Pohuwato serta para staf Korem maupun KPU dan Bawaslu Provinsi Gorontalo terkait penempatan pasukan pengamanan serta kerawanan daerah pemilu maupun antisipasi pada kegiatan pemilu 2019 mendatang yang tinggal beberapa hari kedepan.

Turut hadir acara kegiatan dilanjutkan simulasi TFG 2019, diikuti oleh para Kapolres, Kapolsek dan staf operasi Polda Gorontalo, Kodim 1304/Gorontalo dan Kodim 1313/Pohuwato, para Danramil serta Danposramil maupun staf Korem 133/Nani Wartabone yang terkait, Brigif 22/Otamanasa serta KPU dan Bawaslu Provinsi Gorontalo

Penulis : Effendy Iskandar
Editor : Fay

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.