Pangdam IV : Kebersamaan Dharma Pertiwi Wujudkan Kesejahteraan Keluarga Besar TNI

Spread the love

Jurnalline.com, Semarang – Memperingati Hari Ulang Tahun ke 55, Dharma Pertiwi Daerah D menggelar syukuran yang digelar di Gedung Mandalika Lanal Semarang, Selasa (30/4).

Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Mochamad Effendi, S.E., M.M., selaku Pembina Dharma Pertiwi Daerah D menyampaikan, bahwa peringatan hari ulang tahun ke 55 ini, dijadikan sebagai momentum introspeksi dan refleksi diri untuk meningkatkan kebersamaan serta memupuk rasa kekeluargaan diantara sesama anggota Dharma Pertiwi yang akhirnya bermuara kepada terwujudnya kesejahteraan Keluarga Besar TNI.
Di usianya ke 55, Pangdam harap organisasi Dharma Pertiwi terus berinovasi dan semakin bersemangat untuk melanjutkan kiprah serta pengabdiannya di masa yang akan datang sehingga dapat membawa manfaat yang nyata, baik bagi Keluarga Besar TNI, maupun bagi masyarakat di lingkungan sekitarnya.

Menurut Pangdam IV, satu hal yang perlu dipahami oleh setiap anggota Dharma Pertiwi adalah melaksanakan program organisasi Dharma Pertiwi dalam kedudukannya sebagai organisasi para isteri prajurit TNI. “Peran strategis program-program yang dilaksanakan Dharma Pertiwi hendaknya mendukung cita-cita luhur dalam mendidik, membentuk dan membina putra-putrinya menjadi generasi penerus bangsa yang berkualitas”, ungkap Pangdam.

Oleh sebab itu, sangatlah tepat apabila pada peringatan kali ini, mengangkat tema “Dharma Pertiwi Berperan Aktif Dalam Mencerdaskan Dan Mensejahterakan Keluarga TNI, Serta Peduli Terhadap Kesehatan Dan Pelestarian Lingkungan Hidup”.

Dengan tema ini, Pangdam IV selaku Pembina menaruh harapan, kesejahteraan keluarga TNI akan semakin meningkat melalui meningkatnya kecerdasan, kesehatan, serta perhatian terhadap kelestarian lingkungan hidup. Karena ketiganya merupakan modal dasar yang sangat menentukan agar bangsa ini memiliki generasi unggulan pada dekade mendatang. Dekade dimana persaingan akan semakin ketat dan kompleks, sehingga menuntut sumber daya manusia yang berkualitas untuk dapat meraih kejayaan di masa mendatang.

Pada kesempatan ini Mayjen TNI Mochamad Effendi sangat mengapresiasi atas dedikasi, komitmen dan konsistensi, yang ibu-ibu lakukan dalam perannya sebagai anggota masyarakat, yang turut peduli dan empati terhadap permasalahan yang dihadapi masyarakat disekitarnya, tanpa mengurangi perannya yang lain, yaitu peran sebagai ibu rumah tangga, istri prajurit, anggota organisasi dan sebagai wanita karier bagi yang memiliki pekerjaan.

Sementara itu, Ny. Septi Effendi saat membacakan sambutan Ketua Umum Dharma Pertiwi Ny. Nanny Hadi Tjahjanto mengatakan, seluruh anggota Dharma Pertiwi diharapkan turut berperan aktif dalam mendukung terwujudnya profesionalisme TNI untuk rakyat dengan senantiasa melaksanakan pembinaan keluarga yang harmonis, agamis dan berakhlak mulia sebagai landasan ketahanan keluarga dalam menghadapi pengaruh negatif yang dapat merusak kehidupan kita.

Disisi lain, Ny. Nanny Hadi Tjahjanto berharap Dharma Pertiwi lebih kritis dalam melihat isu-isu yang sedang berkembang di masyarakat dan memberi kontribusi aktif dalam penyelesaian secara antisipatif.

Disampaikan, untuk menghadapi tantangan yang semakin kompleks di era milenial, Dharma Pertiwi harus memiliki ketahanan diri yang kuat yang berlandaskan kepribadian Pancasila yang mampu berinteraksi dengan lingkungan.

Diakhir penyampaian, Ketua Umum Dharma Pertiwi sebagai organisasi yang matang, modern, bertekad kuat dalam membantu tugas suami.

Penulis : Fram/Dp
Editor : Andre

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.