Rakerda Dekranasda 2019 dibuka Ketua Umum Dekranas Ibu Ny. Hj. Mufidah Jusuf

Spread the love

Jurnalline.com, Sulawesi Utara – Bertempat di Graha Gubernuran Provinsi Sulawesi Utara, Kamis (11/4/2019) dihadiri oleh Ketua Umum Dekranas, Ibu Wakil Presiden RI, Hj. Mufidah Jusuf Kalla

Istri Wakil Presiden Jusuf Kalla itu mendorong agar Dekranasda yqng ada di Provinsi Sulut dapat meningkatkan sumber daya dengan menghasilkan produk kerajinan yang berdaya saing.

“Lakukan inovasi dan diSertifikasi produk karena tren produk kerajinan sangat cepat berubah, dengan Inovasi dan pemanfaatan teknologi produk dan tren produk kerajinan kiranya dapat terus ditingkatkan dengan mempertahankan identitas tradisional nuansa warisan budaya agar tetap harmonis dengan kekinian bahwa Industri kerajinan kriya yang merupakan substektor ekonomi kreatif begitu cepat Berkembang di seluruh tanah air dari skala mikro dan menengah.” Tutur Hj. Mufidah Jusuf Kalla

Lanjut Ny. Mufida, produk yang dihasilkan dapat bersaing di mancanegara, meskipun persaingan semakin ketat pengrajin harus dapat mengembangkan kreatifitas dan gali potensi khas daerah.

“Kami sangat mengharapkan peran serta Dekranasda provinsi Sulut dapat menumbuhkan kreatifitas dan informasi pengrajin dengan menggali motif-motif khas Sulut selain untuk meningkatkan daya saing juga mempertahankan warisan budaya,” ujar istri Wapres Jusuf Kalla

Senada dikatakan oleh Ketua Dekranasda Sulut Rita Maya Dondokambey-Tamuntuan, bahwa tujuan dilaksanakannya rapat kerja daerah Dekranasda Sulut tahun 2019 merupakan Sinkronisasi program dan kegiatan Dekranasda Provinsi, Kabupaten dan Kota.

“Dengan mendapatkan informasi tentang program Dekranas melalui pertemuan dengan Ketua Umum Dekranas serta perumusan program kerja 2020, Juga mendapatkan informasi tentang program Dekranas melalui dialog dengan ketua umum serta perumusan program kerja 2020,” terang Rita Dondokambey.

Sebelumnya Gubernur Olly Dondokambey mengapresiasi kunjungan Ketua Umum Dekranas Hj. Mufidah Jusuf Kalla sekaligus memberi nasihat kepada Dekranasda Sulawesi Utara.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Ibu Hj. Mufidah Jusuf Kalla, atas kesediaan waktunya bersilaturahmi dengan segenap pengurus Dekranasda Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Sulawesi Utara sekaligus memperkuat tekad dan komitmen bersama untuk menjaga eksistensi serta peran Dekranasda dalam pembangunan daerah,” jelas Dondokambey

Dekranasda memegang peranan penting dibalik pesatnya perkembangan sektor pariwisata Sulut. Kedatangan wisatawan dari dalam dan luar negeri ke Sulut yang selalu membeli kerajinan tangan untuk dibawa ke tempat asalnya adalah kesempatan baik yang harus dimanfaatkan optimal.

“Pariwisata Sulawesi Utara terus berkembang. Target kami pada tahun 2019 ini ada 15 ribu paket wisata ke Sulut setiap bulannya. Artinya produk kerajinan yang ditangani Dekranasda sangat dibutuhkan untuk menunjang pariwisata,” Terang Dondokambey.

Diketahui bahwa Dekranas mempunyai lima tujuan, diantaranya pertama, untuk menggali, mengembangkan dan melestarikan warisan budaya bangsa serta membina penemuan dan penggunaan teknologi baru untuk meningkatkan kualitas dalam rangka memperkukuh jati diri budaya bangsa, kedua, untuk menanamkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya seni kerajinan bagi kehidupan sehari hari warga negara Indonesia yang bisa meningkatkan martabat manusia, ketiga, untuk memperhatikan dan memperjuangkan kepentingan perajin dan peminat dengan mendorong semangat kewiraswastaan mereka, keempat adalah untuk membantu pemerintah merumuskan kebijaksanaan di bidang industri kerajinan dan program peningkatan kualitas sumber daya manusia, dan kelima Dekranas, untuk memperluas pangsa pasar hasil kerajinan.

Usai berdialog dengan para peserta Dekranasda, Mufidah Jusuf Kalla meninjau stand kerajinan Dekranasda dari kabupaten kota se Sulut, turut dihadiri jajaran Forkopimda, Ketua DPRD Sulut Andrei Angouw, Sekdaprov Edwin Silangen, Wakil Ketua Dekranasda Sulut, Kartika Devi Kandouw-Tanos dan para pengurus Dekranasda Seprovinsi Sulut.

Penulis : Effendy Iskandar
Editor : Andre

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.