Siswa/Wi SMA Taruna Nusantara Lakukan Kunjungan Ke Tiga Akademi Pusdik Penerbad

Spread the love

Jurnalline.com, Semarang – bagai salah satu sekolah mempunyai Program Basis Ketarunaan SMA Taruna Pelita Nusantara melakukan kunjungan ke berbagai lembaga Ikatan Dinas seperti, Akademi Polisi, Akademi Militer, Akademi Angkatan Udara dan Pusdik Penerbad.

Program Immersion ini merupakan agenda tahunan yang dimiliki oleh SMA Taruna Pelita Nusantara, adapun tempat yang dituju tidak selalu sama setiap tahunnya. Tujuan program ini adalah untuk lebih mengenalkan sekolah atau lembaga yang nanti akan dipilih oleh para Siswa dan Siswi dalam melanjutkan Pendidikan ke jenjang lebih tinggi dan sesuai cita-cita yang mereka inginkan.

Disamping itu, diharapkan kunjungan ini dapat menambah motivasi siswa dan menambah semangat Nasionalisme mereka sebagai generasi penerus bangsa dalam menjaga keutuhan NKRI dan Ideologi Pancasila.

Kegiatan ini dilaksanakan selama 8 hari (21-28 april), dengan rute terakhir para siswa akan melaksanakan Long March napak tilas rute Panglima Sudirman dan “Hijrah Siliwangi” dari Yogyakarta sampai Bandung. Ide napak tilas ini muncul dari Bapak Ida Bagus Dharma Yoga, SH, SE sebagai pemilik Yayasan Harapan Bangsa Indonesia Maju.

Kegiatan Hijrah Siliwangi ini untuk mengenang peristiwa sejarah ketika pasukan Divisi Siliwangi harus kembali ke Jawa Barat dari Jawa Tengah dan Yogyakarta sebagai konsekwensi dari Perjanjian Renville yang merugikan Indonesia. Ketika itu Jenderal Besar Sudirman segera mengeluarkan Instruksi Panglima Besar nomor 1 sesuai perintah (Perintah Siasat Nomor 1) agar pasukan Siliwangi pindah ke Jawa Barat setelah bertempur dengan PKI MUSO.

Kemarin (22/4) para siswa telah berkunjung ke Akademi Polisi dan Pusdik Penerbad Semarang.
Kunjungan ke Dodik Penerbad rombongan di terima oleh Dan Dodik Penerbad Kolonel M. Masrukin, beliau memberikan materi Motivasi bagi para siswa/i. Materi kedua disampaikan oleh Gumil Dodik mengenai pengenalan pesawat dan helikopter yg ada dilokasi.
Selanjutnya mereka melanjutkan perjalanan menuju ke Akademi Militer Magelang. Rencana pagi ini para siswa/siswi akan diterima oleh Gubernur Akmil atau yg mewakili.

Penulis : Fram
Editor : Fay
Sumber : Humas SMAT Pelnus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.