STQ Tingkat Provinsi Maluku Utara Resmi Ditutup

Spread the love

Jurnalline.com, Sofifi (Maluku Utara) – Sekretaris Daerah (Sekda) H.Muandin H. Radjab secara resmi menutup Seleksi Tilawatil Quran (STQ) tingkat Provinsi Maluku Utara (Malut), di halaman utama masjid Nurul Hasan, Gusale Puncak, Minggu (31/3/2019).

Sambutan Gubernur yang dibacakan Muabdin mengatakan, pelaksanaan STQ di Indonesia, tidak bisa dipisahkan dari studi tentang sejarah Islam di Indonesia, di kalangan umat Islam Indonesia terdapat perhatian besar dalam praktik membaca Alquran. “Hal ini membuktikan bahwa membaca Alquran, merupakan bagian dari kultur masyarakat di Indonesia, dan tradisi ini telah berlangsung sejak masuknya Islam di Indonesia yang dibawa oleh para misionaris Islam kala itu,”ucap Muabdin

Dikatakan, ada dua tujuan dasar dalam setiap penyelenggaraan STQ, yakni Pertama, internalisasi nilai-nilai Alquran dan memupuk kecintaan generasi muda terhadap Alquran. Kedua, tujuan ini seharusnya yang menjadi nawaitu (niat) pihak penyelenggara. Ini penting karena secara teologis nilai dari setiap aktivitas sangat bergantung pada niatnya.

Muabdin mengingatkan kepada para peserta bahwa menjadi juara merupakan sesuatu yang penting, tetapi tidaklah menjadi tujuan yang primer, cukup hanya sekunder.”Jadi bagi yang belum berhasil, jadilah moment ini sebagai pendorong semangat untuk terus berinovasi dalam memahami isi kandungan Al-Quran,”harapnya

Ketua panitia Dihir Bajo dalam laporannya mengapresiasi kerjasama semua pihak, sehingga pelaksanaan STQ sejak 28-31 Maret 2019 berjalan lancar.”Kepada bapak Karo Umum, Kasat Pol-PP, dan seluruh elemen masyarakat Sofifi kami ucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi tingginya atas bantuan moril, maupun materil sehingga STQ tingkat Provinsi Maluku Utara berjalan dengan baik dan lancar,”ungkapnya

Selain itu, Karo Kesra juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada Gubernur Abdul Gani Kasuba, para asisten dan pimpinan SKPD terkait yang turut membantu mensukseskan STQ ke XXV di Sofifi.

Sementara untuk juara STQ tingkat Provinsi Maluku Utara 2019 dewan hakim memustuskan 11 peserta keluar sebagai peserta terbaik I, yang akan mewakili Maluku Utara pada STQ tingkat Nasional.

Peserta Terbaik I Cabang Tilatawil Quran, untuk golongan anak-anak putra Nasiran Kamran peserta asal Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel), anak-anak putri Siti Hajar Al-hadad dari Halsel. Sementara untuk golongan dewasa putra H. Mursyidi K Sillia dari Kepulauan Sula, dan dewasa putri Ismiati S Asrakal.

Terbaik I Cabang Hifdzil Quran golongan 1 Juz putra, M Gilman Firmansyah dari Kota Ternate, anak-anak putri Salsabila S Asrakal. Terbaik I Golongan 5 Juz putra Ali Jumra Pina dari Pulau Morotai, untuk putri Fajriyah Sillia dari Kepulauan Sula. Terbaik I golongan 10 Juz putra Endri Ahmed Paturusi dari Kota Ternate, golongan putri Eni Nadira. Sementara untuk golongan 20 Juz dijuarai oleh Yandry F Daulay dari Kota Ternate.

Para juara tersebut ditetapkan berdasarkan Surat Keputusan Dewan Hakim STQ XXV Tingkat Provinsi Maluku Utara nomor 01/SK.DH/STQ XXV-MU/III/2019, tentang Peserta Terbaik I,II,III dan harapan I,II, dan III pada STQ XXV Tingkat Provinsi Maluku Utara 2019.

Penulis : Yudi
Editor : Andre

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.