Walikota Jakarta Selatan Mendistribusian Kartu Jakarta Lansia (KLJ) Di Kecamatan Pasar Minggu

Spread the love

Jurnalline.com, Jakarta – Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan, mulai mendistribusikan Kartu Lansia Jakarta (KLJ), untuk masyarakat yang sudah berusia 60 tahun ke atas. KLJ diberikan kepada warga yang memiliki KTP DKI Jakarta, tidak memiliki penghasilan tetap, terlantar secara psikis dan sakit.

Distribusi KLJ itu secara simbolis dilakukan oleh Bapak Walikota Kota Administrasi Jakarta Selatan Haji Marulloh Matali, di Kantor Kecamatan Pasar Minggu Jakarta Selatan, Jum’at 26 April 2019. Bapak Marulloh menegaskan, Pemprov DKI Jakarta memiliki tanggung jawab dan kepedulian terhadap para lansia.

Dalam sambutannya Marulloh juga mengatakan, “Hari ini, Pemprov memberikan perhatian untuk lansia, semoga apa yang diberikan pemerintah dapat bermanfaat, untuk membantu meringankan kebutuhan hidup bapak ibu semua. Selama ini, bapak ibu yang merawat kami, kini biarkan kami yang merawat bapak ibu. Duitnya sudah ada di Bank DKI, tapi untuk mengambilnya lewat ATM tidak bisa di lakukan hari ini, karna masih proses. Paling lama besok pagi sudah bisa d ambil, “ujar Marulloh.

Ia menyebutkan, dari Data Terpadu, ada sebanyak 7.057 lansia yang berada di wilayah Jakarta Selatan akan mendapatkan bansos PKD lansia. Mereka akan menerima dana bansos Rp 600.000,- per orang setiap bulannya, yang di cairkan per tiga bulan sekali, sesuai Keputusan Gubenur DKI No. 142 Tahun 2018 tentang Pedoman Pemberian Hibah dan bantuan Sosial yang bersumber dari APBD dan peraturan Gubernur No 193 Tahun. 2017 Tentang Pemberian Bantuan Sosial Untuk Pemenuhan Kebutuhan Dasar Bagi Lanjut Usia.

Pada tahun 2019, berdasarkan hasil verifikasi data Pemkot Jakarta Selatan akan mendistribusikan bantuan sebesar Rp 291.016.800.000,- , dengan sasaran 40.419 lansia. Dari data sebelum nya di tahun 2018 sebanyak Rp 104.544.000.000,- dengan sasaran 29.833 lansia sudah mendapatkan bantuan KJL.

Salah seorang penerima KLJ, Ibu Abah (64), warga Pejaten Barat mengaku, senang dengan pemberian bantuan KLJ yang mulai didistribusikan. “Emang, membantu dengan adanya bantuan ini, cukup untuk kebutuhan sehari hari, dan sisanya bisa d tabung untuk ibadah, “kata Ibu Anah.

Penulis : Khnza
Editor : Andre

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.