Berbekal Pengalaman, Sertu Qudori Babinsa Sidorejo Bantu Petani Basmi Hama Keong

Spread the love

Jurnalline.com, Madiun – Babinsa Sidorejo Koramil 0803/05 Wungu Kodim 0803/Madiun, Sertu Qudori  mendampingi poktan Sri Lestari dalam rangka pemantauan dan pembasmian hama keong pada tanaman padi di lahan milik Bapak Parman RT 06,RW 01 di Desa Sidorejo Kec. Wungu. Kab. Madiun, Jumat (10/05/2019).

Hama Keong Mas merupakan hama yang saat ini sering membuat para petani resah. Oleh karena itu untuk mengatasinya diperlukan ketekunan dan kegiatan rutin yang perlu dilakukan.

Para petani memerlukan cara yang tepat untuk mengatasi dan memberantas hama yang satu ini, seperti yang dijelaskan Sertu Qudori di hadapan petani, bahwa hama keong mas dapat diatasi dengan beberapa cara yang mudah tanpa biaya.

“Namun juga ada beberapa penanganan yang memerlukan biaya dalam menangani hama yang satu ini. Tergantung dengan situasi populasi keong mas yang menyerang tanaman seberapa banyaknya,” kata Sertu Qudori.

Menurutnya, terdapat beberapa tahap/cara untuk mengatasi hama keong mas ini secara sederhana dan mudah. Yaitu mengambil keong mas yang menempel pada tanaman pada saat dia masih bergerak aktif. Biasanya dilakukan pada pagi hari dan sore hari. Hal ini perlu dilakukan secara rutin”, ujar Babinsa Sidorejo

“Cara lain untuk mengatasi hama tanaman yang satu ini adalah dengan membiarkan predator memangsanya atau memelihara predatornya agar populasi hama keong mas ini berkurang atau hilang dari lingkungan sawah,” pungkas Sertu Qudori.

Penulis : Fram
Editor : Andre
Sumber : mc0803

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.