Bupati ROR Hardiknas 2019 Menguatkan Pendidikan Memajukan Kebudayaan

Spread the love

Jurnalline.com, Sulawesi utara – Bupati Minahasa Ir Royke Oktavian Roring, M.Si dan Jajaran Menghadiri Peringatan Hari Pendidikan Nasional, Kamis (2/5/2019) yang di laksanakan di Lapangan God Bless Sam Ratulangi Tondano.

Mengutip Penyampaian Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Muhadjir Effendy, dalam Peringatan Hari Pendidikan Nasional 2 Mei 2019 bahwa : Tujuan pendidikan nasional adalah untuk lebih mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa, berakhlak mulia, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab Sebagaimana yang telah di sampaikan oleh Presiden Jokowidodo dalam banyak kesempatan, perhatian pemerintah saat ini mulai bergeser dari pembangunan infrastrukur ke pembangunan sumber daya manusia.

“Disini kekuatan sektor pendidikan dan kebudayaan menemukan urgensinya. Terkait dengan itulah tema Hari Pendidikan Nasional tahun 2019 adalah “Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan,” Papar Bupati Mengutip Amanat Menteri Pendidikan Muhadjir Effendy

Melalui momentum Hari Pendidikan Nasional ini, marilah kita konsentrasi segenap potensi pendidikan nasional yang menitikberatkan pembangunan sumberdaya manusia yang dilandasi karakter yang kuat, ketrampilan, dan kecakapan yang tinggi, sehingga mampu menjawab tantangan perkembangan zaman yang semakin kompetitif.

Peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun 2019, yang dirangkaikan dengan Hari Otonomi Daerah dan Hari Kartini di Kabupaten Minahasa Bupati Minahasa Ir. Royke O. Roring, M.Si. mengpresiasi kepada mereka yang baru menerima SK CPNS dan Penghargaan dalam dunia pendidikan dan kesetaraan gender.

“Yakin dan percaya rakyat minahasa sudah mempertimbangkan kesetaraan gender, oleh karenanya mari kita pertahankan apa yang sudah diperjuangkan oleh pahlawan kesetaraan gender ibu. R. A. Kartini dan juga ibu Walanda Maramis,”ujar Bupati ROR bersama untuk lebih menghayati apa yang sudah diperjuangkan pahlawan-pahlawan kita.

“Kiranya semangat perjuangan para pendahulu kita dapat kita lanjutkan demi Mewujudkan apa yang kita harapkan yaitu Minahasa Semakin Hebat, Sulut semakin Hebat serta Indonesia Hebat dan semakin sejahtera.” Jelasnya

Sebagaimana telah di sampaikan oleh Presiden dalam banyak kesempatan, perhatian pemerintah saat ini mulai bergeser dari pembangunan infrastrukut ke pambangunan sumber daya manusia.

Di sini kekuatan sektor pendidikan dan kebudayaan menemukan urgensinya. Terkait dengan itulah tema Hari Pendidikan Nasional tahun 2019 adalah “Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan”.

Sementara itu sesuai Tema Hari Otonomi Daerah, “Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia Indonesia yang Lebih Baik Melalui Penyelenggaraan Otonomi Daerah yang Kreatif dan Inovatif lewat peringatan ini merupakan refleksi dari eksistensi dan ekspektasi masyarakat kepada Pemerintah dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia untuk memberdayakan otonomi daerah dalam mewujudkan kemandirian, kemajuan dan kesejahteraan daerah.”

“Muara dari pelaksanaan otonomi daerah adalah terwujudnya kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan pelayanan serta partisipasi aktif masyarakat, Menjadi harapan bagi Daerah, agar mampu meningkatkan daya saing dengan mempertahankan prinsip demokrasi, pemerataan, keadilan, keistimewaan, kekhususan serta potensi keanekaragaman daerah.” Pungkas Bupati

Usai Upacara dilanjutkan dengan acara penyerahan piagam penghargaan pelaksanaan UNBK Mandiri 2019, kepada Sekolah Model, Sekolah Rujukan, Sekolah terakreditasi, dan Penghargaan Kepada Siswa Berprestasi, serta Penyerahan SK Pensiun, dan SK CPNS secara simbolis.

Atas nama Bupati Ir Royke Oktavian Roring dan Wakil Bupati Robby Dondokambey, S.Si Mengucapkan selamat Memperingati Hari Pendidikan Nasional, Hari Otonomi Daerah XXIII, dan Hari Kartini.

Upacara Hardiknas ini dihadiri Ketua Tim Penggerak PKK Kab. Minahasa Dra. Fenny Roring-Lumanauw, SIP, Sekretaris Daerah J. Korengkeng, SH, M.Si, Kepala Dinas Pendidikan Daerah Drs Riviva Maringka, Kepala-Kepala sekolah SD SMP se-Kabupaten Minahasa, dan Jajaran Forkopimda.

Penulis : EffendyIskandar
Editor : Andre

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.