Kakorlantas Polri, Tinjau Kesiapan ASDP Merak Hadapi Libur Arus Mudik Lebaran

Spread the love

Jurnalline.com, Cilegon (Banten) – Guna memastikan kesiapan arus mudik jalur laut, Kakorlantas Polri Irjen pol Drs. Refdi Andri, M.Si didampingi Asops Kapolri yang diwakili oleh Karodalops Brigjen pol Kusharianto meninjau pelabuhan penyeberangan asdp merak, di gedung PT ASDP Pelabuhan penyeberangan merak, Jumat (10/5/2019) pukul 10.45 wib

Kakorlantas Polri beserta rombongan tiba di Pelabuhan Merak pukul 11.40 WIB disambut oleh Wakapolda Banten BRIGJEND POL Drs. Tomex Korniawan, Dir lantas Polda Banten KOMBES POL Wibowo S.Ik M.Hum, Kapolres Cilegon AKBP Rizki. A Prakoso, SH,SIk, Kabag Ops Polres Cilegon Kompol Sujatna, SH, KA KSKP Merak Akp Salahuddin, S.Sos, M.Si, Kasat lantas Polres Cilegon AKP Iwan Nurfriyanto. SH, GM PT. Asdp Merak Solikhin, manager usaha PT. Asdp Merak Rudy Mahmudi, Kepala BPTD Banten Nurhadi

Dalam kunjungannya ini Kakorlantas Polri Irjen pol Drs. Refdi Andri, M.Si menyampaikan, untuk sistem ganjil genap yang akan diberlakukan di Pelabuhan Merak Banten pada saat arus mudik tahun 2019 dalam rangka untuk mengurai kemacetan kendaraan di Pelabuhan Merak, Hanya sebatas himbauan kepada masyarakat.

“Implementasi sistem ganjil genap pada arus mudik tahun 2019 di Pelabuhan Merak Banten, Kami memastikan itu hanya baru himbauan belum menjadi sebuah aturan resmi yang akan diberlakukan pada saat Arus Mudik 2019 nanti,” Katanya saat meninjau pelabuhan penyeberangan kepada awak media

Meski demikian, lanjut Andri, keberangkatan kendaran akan tetap dimasukan sesuai dengan urutan kendaraan yang masuk ke Pelabuhan Merak Banten. Kendaraan akan di arahkan ke kantung Parkir hingga masuk ke dalam Kapal. dan untuk mengantisipasi kepadatan kendaraan Polri akan melakukan rekayasa lalulintas di jalur menuju Pelabuhan Merak Banten

“Untuk mengantisipasi terjadinya kepadatan kendaraan hingga keluar jalur pelabuhan. Pihaknya akan memberlakukan rekayasa lalulintas di jalur menuju Pelabuhan Merak Banten. dengan diberlakukanya rekayasa lalulintas tersebut, pengguna jalan akan patuh dengan apa yang disampaikan oleh petugas kepolisian.”ujarnya.

Sementara itu Dir lantas Polda Banten Kombes Pol Wibowo S.Ik M.Hum mengatakan bahwa Rekayasa lalulintas akan diberlakukan apabila penumpukan kendaraan hingga mencapai jalan Cikuasa atas dan pihaknya mengaku sudah berkordinasi dengan pengelola jalan Tol yang ada di Pintu Tol Merak Banten.

“Rekayasa lalulintas akan diberlakukan di gerbang Pintu Tol Merak, diberlakukan sistem One Way khusus untuk kendaraan yang akan menuju pelabuhan Merak Banten, untuk kendaraan yang akan keluar dari pelabuhan merak akan dialihkan ke jalur Alteri (Bawah) menuju pintu Tol Cilegon Barat,” Kata dirlantas Polda Banten.

General Manager (GM) PT. ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak Banten Capt. Solikhin mengatakan, pada saat H-5 di prediksikan akan terjadi arus kendaraan yang cukup besar yang terjadi dari mulai pukul 22.00 hingga pukul 06.00 arus kendaraan akan mengalir lebih besar dibandingkan dengan daya angkut kapal di Pelabuhan merak – Banten. sehingga hal tersebut dapat mengakibatkan terjadinya antrian kendaraan di Pelabuhan Merak Banten.

“Kami menghimbau kepada para pemudik yang akan melalui pelabuhan Merak agar dapat melakukan kegiatan mudik pada siang hari, agar tidak terjadi penumpukan kendaran di pelabuhan Merak pada saat arus mudik nanti, peran serta masyarakat juga dibutuhkan, sehinga dengan adanya kepedulian dan pengertian darai masyarakat dapat membantu mengeurai kepadatan kendaraan di Pelabuhan Merak-Banten.”ujarnya.

Solikhin mengungkapkan, jumlah kapal yang sudah siap untuk di Oprasikan pada arus Mudik dan arus balik tahun 2019 nanti sebanyak 65 kapal dengan daya angkut kendaraan 200 hingga 350 kendaraan roda 4. Sedangkan untuk kendaraan roda dua mampu menampung sebanyak 1800 kendaran. Dengan memberlakukan sebanyak 7 Dermaga yang ada di Pelabuhan Merak – Banten.

Penulis : Khnza
Editor : Andre
Sumber : Bidhumas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.