Kasiter Korem 071/Wk dalam Binsiap Apwil Dan Puanter Kodim 0703/Clp

Spread the love

Jurnalline.com, Cilacap – Kepala Seksi Teritorial (Kasiter) Korem 071/Wijayakusuma, Letkol Inf Sapto Broto, S.E., menyampaikan kegiatan pembinaan kesiapan aparat kewilayahan dan kemampuan teritorial merupakan implementasi program kerja bidang Teritorial pada Triwulan II TA. 2019 yang bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan Pembinaan Kesiapan Aparat Kewilayahan dan kemampuan teritorial dalam melaksanakan tugas pemberdayaan wilayah pertahanan darat melalui Binter untuk meningkatkan kualitas dan produktivitas kerja, sekaligus menjadi landasan dalam menetapkan tujuan bersama yang ingin dicapai, dalam mencapai sasaran bagi terwujudnya Ruang, Alat dan Kondisi juang serta kemanunggalan TNI-Rakyat yang tangguh dalam rangka mendukung pertahanan negara aspek Darat.

Hal tersebut dikatakan Kasiter saat Pembinaan Kesiapan Aparat Kewilayahan dan Kemampuan Teritorial Kodim 0703/Cilacap, Kamis (2/5/2019) di Aula Satya Kartika Makodim 0703/Cilacap.

Kasiter Korem 071/Wijayakusuma Letkol Inf Sapto Broto mengajak kepada seluruh aparat kewilayahan agar dalam melaksanakan kegiatan bekerja untuk tidak selalu berdasarkan program, “Apabila kita melihat ada sesuatu yang perlu dibantu kita, kita harus bisa berinisiatif memberikan ide-ide kreatif kepada mereka.” ujarnya.

Beberapa penekanan yang harus dijadikan pedoman dalam bertugas antara lain, meningkatkan dan pelihara kesiapan sebagai aparat kewilayahan serta mantapkan kemampuan teritorial, meningkatkan kemampuan pemberian laporan kepada Komando Atas agar dapat ditindaklanjuti serta mempelajari kembali materi-materi Lima Kemampuan Teritorial, Sikap Teritorial dan Metode Pembinaan Teritorial,” tandasnya.

Diakhir arahannya, Kasiterrem 071/Wk meminta para peserta agar dapat mengikuti dan menyerap materi yang diberikan dengan baik, sehingga dari kegiatan Binsiap Apwil dan Puanter tersebut secara perorangan tiap prajurit mampu menjabarkan dan menterjemahkan dalam kegiatan nyata Binter melalui giat Komsos menyatu dan melebur kedalam wahana komponen masyarakat, dapat mampu menjelaskan tentang pentingnya pertahanan Negara dihadapkan dengan sikap prajurit yang dituntut harus mempunyai mental yang baik sebagai Tentara Rakyat, Tentara Pejuang dan Tentara.

Sementara itu, Dandim 0703/Cilacap Letkol Inf Wahyo Yuniartoto, S.E., M.Tr (Han) dalam sambutannya yang dibacakan Pasiter Kodim 0703/Clp, Kapten Inf Ngadisan mengatakan, melalui kegiatan ini, kita diharapkan mampu meningkatkan kemampuan kerja, baik manajemen teritorial maupun pembinaan di wilayah. Jadikan kegiatan ini, sebagai barometer bagi kita selaku aparat kewilayahan mulai Danramil sampai dengan Babinsa guna menunjang tugas pokok
Kodim dengan tujuan sebagai bekal tugas pemberdayaan wilayah pertahanan darat melalui kegiatan metode Binter di lapangan sekaligus untuk meningkatkan kualitas dan produktifitas kerja.

Kegiatan ini juga merupakan bagian yang sangat penting bagi kesiapan seluruh aparat kewilayahan dalam menjalankan fungsi pembinaan teritorial sekaligus sebagai fungsi utama di TNI AD. Aparat kewilayahan perlu memahami dan mampu melaksanakan tugas pembinaan teritorial agar memiliki kesamaan langkah dan tindakan dalam menjalankan tugas dan kegiatan ini dilaksanakan dalam upaya peningkatan kemampuan Apkowil melalui kegiatan Binsiap Apwil dan Puanter yang diselenggarakan setiap triwulan,” terangnya.

Giat Binsiap Apwil dan Puanter Kodim 0703/Clp materi yang diberikan antara lain, Sikap Teritorial, Tiga Metode Binter, Lima Kemampuan Teritorial, Metode Binter, dan materi tambahan tentang Aplikasi Babinsa memberikan arahan kepada warga binaannya.

Penulis : Fram/Dp
Editor : Andre

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.