Kodim 0406/Mura Gelar Peringatan Nuzulul Qur’an 1440 Hijriyah

Spread the love

Jurnalline.com, Kodim 0406/Musirawas (Sumsel) –Menyelenggarakan peringatan Nuzulul Qur’an 1440 H/2019 M dengan tema ”Kita tingkatkan iman dan taqwa prajurit dan PNS TNI AD dalam rangka mendukung tugas pokok TNI AD” bertempat di Masjid Al Ikhlas Markas Kodim 0406/Mura Jln. Garuda No.1 Kel. Tanjung Indah Kec. Lubuk Linggau Barat I Kota Lubuklinggau yang dihadiri oleh Dandim Letkol Inf M. A’an Setiawan, S.Sos., M.I.Pol., Kasdim beserta para Perwira Staf, para Danramil dan anggota serta Persit KCK Cabang XVII Kodim 0406/Musirawas.

Memperingati peristiwa penting bagi umat Islam di bulan Ramadhan yaitu Nuzulul Qur’an (turunnya Al-Qur’an) dengan sederhana dan khidmat ini digelar pada Kamis (30/5/2019) malam usai pelaksanaan Shalat Tarawih berjamaah yang diawali pembacaan ayat suci Al Qur’an yang dilantunkan oleh Qiroah Serda Tarhib dilanjutkan ceramah oleh ustadz Muhamad Yusup, LC.

Dalam Ceramahnya, Ustadz Muhamad Yusup, LC. mengurai sejarah singkat tentang turunnya Al-Qur’an dan makna peringatan Nuzulul Qur’an. Ia juga memaparkan tentang keagungang dan keberkahan Al-Qur’an dijelaskannya, Al-Qur’an tidak turun begitu saja dari langit, tetapi merupakan kalam Allah SWT yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW melalui perantara wahyu, yang diturunkan secara berangsur-angsur selama 23 tahun.

Sementara itu, Dandim 0406/Mkura Letkol Inf M. A’an Setiawan, S.Sos., M.I.Pol., dalam sambutannya menyampaikan, Alhamdulillah kita masih dipertemukan di tempat yang mulia ini di dalam bulan suci Ramadhan dalam acara Shalat Isya’ dan Tarawih berjamaah dilanjutkan dengan memperingati Nuzulul Qur’an. “Semoga dalam bulan suci Ramadhan ini kita semua dapat mendapatkan yang terbaik dalam amalan ibadah kita, dan Alhamdulillah dengan bulan Suci Ramadhan ini kita semua bisa menjalankan ibadah puasa sudah memasuki 10 hari terakhir, semoga apa yang kita kerjakan semua kegiatan menjadi amalan ibadah yang diridhoi Allah SWT”, terang Dandim.

Kegiatan peringatan hari besar keagamaan seperti ini sangat penting dalam rangka mempertebal keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT melalui peringatan Nuzulul Qur’an tahun ini, mari kita senantiasa mengagungkan Al-Quran, membaca serta merenungi isi kandungan dari ayat-ayat Al-Qur’an sebagai pedoman menjalani kehidupan.

“Mari kita jadikan Kitab Suci Al-Qur’an yang penuh keberkatan sebagai pedoman dan lentera menuju kehidupan yang penuh keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT “, tuturnya.

Penulis : Fram
Editor : Fay
Sumber : Penrem 044/Gapo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.