Taruna AAL Sebagai Pasukan Upacara Hardiknas 2019

Spread the love

Jurnalline.com, Surabaya – Delapan puluh delapan personel Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) sebagai pasukan upacara Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2019, pada hari Kamis (2/5/2019) pukul 07.00 WIB di Lapangan Upacara Gedung Negara Grahadi, Jalan Gubernur Suryo Surabaya. Bertindak selaku Komandan Upacara adalah Sematutar (P) Rizqie Djuhairi dan Inspektur Upacara Gubernur Jawa Timur (Jatim) Dra. Hj. Khofifah Indar Parawansa, M.Si. serta dihadiri para pejabat negara, para pejabat TNI/Polri, para pegawai dari pemerintahan Jawa Timur, guru-guru dan siswa-siswi dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi serta para tamu undangan lainnya.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy dalam sambutan tertulis yang dibacakan Gubernur Jatim menyatakan, tema Hardiknas tahun 2019 ”Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan” merupakan pencerminan dengan pesan penting dari Ki Hajar Dewantara, terkait hubungan erat dengan pendidikan dan kebudayaan dalam menciptakan ekosistem pendidikan yang sarat nilai dan pengalaman kebudayaan guna membingkai hadirnya sumber daya manusia berkualitas demi terwujudnya Indonesia maju dalam perspektif Kemendikbud.

“Pembangunan sumber daya manusia yang menekankan pada dua penguatan yaitu pendidikan karakter dan penyiapan generasi terdidik yang terampil serta cakap dalam memasuki dunia kerja. Dalam pendidikan karakter dimaksudkan untuk membentuk Insan berakhlak mulia, sopan santun, tanggung jawab dan budi pekerti yang luhur serta ikhtiar membekali diri dengan keterampilan, kecakapan disertai dengan penanaman jiwa kewirausahaan. Semua itu membutuhkan profesionalitas kinerja segenap pemangku kepentingan dalam dunia pendidikan, baik di tingkat pusat maupun di tingkat daerah,” ujar Mendikbud.

Ditambahkan, melalui momentum Hari Pendidikan Nasional mari kita konsentrasikan segenap potensi pendidikan nasional yang menitik beratkan pada pembangunan sumber daya manusia dengan berlandaskan karakter kuat, keterampilan dan kecakapan tinggi sehingga mampu menjawab tantangan perkembangan zaman yang semakin kompetitif.

Penulis : Fram
Editor : Andre
Sumber : Kabagpen AAL.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.