Kodam Jaya Gelar TMMD Ke-105 Di Wilayah Kodim Tigaraksa 10 Juli 2019

Spread the love

Jurnalline.com, Kodam Jaya (Jakarta) – Tentara Nasional Indonesia (TNI) kembali melaksanakan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-105 secara serentak di 50 Kabupaten seluruh Indonesia yang akan dimulai pada 10 Juli hingga 8 Agustus 2019.

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, kegiatan Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) TMMD ke-105 kali ini, dilakukan secara _Video Conference_ (tatap muka jarak jauh) yang dipimpin Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa dan Menteri Sosial RI Agus Gumiwang K di Aula A.H. Nasution Mabesad dan terhubung dengan seluruh Pangdam dan pejabat terkait dari pemerintah daerah di seluruh Indonesia, Kamis (20/6).

Di wilayah Kodam Jaya/Jayakarta, TMMD sebagai program terpadu dengan sistem _bottom up planning_ dan ditindaklanjuti dengan sistem _top down_ untuk membantu pemerintah daerah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat ini, akan dipusatkan di Kodim Tigaraksa, Banten.

Pangdam Jaya/Jayakarta Mayjen TNI Eko Margiyono disela _Video Conference_ di Ruang Bina Yudha Kodam Jaya menuturkan bahwa TMMD sebagai salah satu tugas TNI pada Operasi Militer Selain Perang (OMSP) bertujuan untuk memberdayakan wilayah pertahanan dan kekuatan pendukungnya secara dini sesuai dengan Sistem Pertahanan Semesta. “Di Kodam Jaya, TMMD akan dilakukan di wilayah Kodim Tigaraksa yang bekerja sama dengan pemerintah daerah Kabupaten Tangerang dan instansi terkait untuk membantu program pemerintah daerah, meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta mempercepat pertumbuhan ekonomi di wilayah,” tutur Mayjen TNI Eko Margiyono.

Selain itu, Pangdam menambahkan bahwa program TMMD merupakan upaya mewujudkan Kemanunggalan TNI-Rakyat. “TMMD sebagai wujud kepedulian dan kesertaan TNI dalam memberdayakan masyarakat desa, sehingga dapat mengatasi kesulitan masyarakat, dalam rangka mewujudkan Kemanunggalan TNI-Rakyat,” imbuhnya.

Sementara itu, Dandim Tigaraksa Letkol Inf Parada Warta N Tampubolon selaku Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) TMMD ke-105 yang juga hadir dalam _Video Conference_ ini mengatakan bahwa yang menjadi obyek TMMD diantaranya jalan desa Kampung Blukbuk. “Jalan Desa Kampung Blukbuk Kecamatan Kronjo Kabupaten Tangerang merupakan jalan produktif, namun kondisinya saat ini masih terdapat badan jalan yang berlubang dan belum mendapat peningkatan mutu jalan dengan kontruksi beton,” jelas Parada.

Parada menambahkan, pembukaan TMMD akan digelar di Lapangan Bola Kampung Kandang Gede Desa Bakung Kecamatan Kronjo Kabupaten Tangerang. “Kegiatan TMMD ke-105 akan berlangsung selama 30 hari di Kampung Blukbuk RT.03 RW.04 Desa Blukbuk Kecamatan Kronjo Kabupaten Tangerang, Banten, dengan sasaran fisik dan non fisik,” jelas Parada.

Di sasaran fisik, menurutnya akan dilakukan pengecoran jalan sepanjang 1.130 meter, lebar 3-4 meter dan tebal 20 cm dengan dua kali pengecoran, sedangkan untuk non fisik akan dilakukan ceramah atau penyuluhan tentang bela negara, bahaya narkoba, kenakalan remaja, kerukunan umat beragama, rekrutmen TNI/Polri, lalu lintas, lingkungan hidup, kesehatan, koperasi dan UKM, bahaya terorisme serta radikalimse.

Seperti pelaksanaan sebelumnya, TMMD ke-105 juga akan dilombakan karya jurnalistik TMMD dengan 4 kategori, yakni kategori Wartawan Elektronik, Wartawan Cetak/Online, Pendam dan Dansatgas TMMD. Parada berharap, Kodim Tigaraksa dapat memperoleh salah satu kategoti tersebut. “Kodim Tigaraksa akan bekerja sama dengan media lokal maupun nasional untuk memenangkan lomba tersebut,” harapnya.

Sebagai informasi, pemenang lomba karya tulis TMMD ke-104, yang dibacakan dalam kegiatan _Video Conference_, berturut-turut Fahrani (TVRI Jabar), Agus Faturohman (Metro TV Batam), dan Stenaf Lesi (iNews TV Bali) untuk kategori Wartawan Elektronik. Golda Eksa (Media Indonesia Cetak Tanjung Kalsel), Dwi Setiawan (Radar Tuban Cetak Tuban Jatim) dan Muhammad Bakri (detik.com Online Makasar Sulsel) kategori Wartawan Cetak/Online.

Sedangkan untuk kategori Pendam, masing-masing Pendam IV/Diponegoro, Pendam V/Brawijaya dan Pendam VI/Mulawarman, sedangkan untuk kategori Dansatgas diraih Dandim 0721/Blora, Dandim 1306/Donggala dan Dandim 0428/Palembang.

Penulis : Fram
Editor : Ndre

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.