Pawai Takbir Keliling: Dilepas Gubernur, Disambut Wagub

Spread the love

Jurnalline.com, Sofifi (Maluku Utara) – Menyambut Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah yang jatuh pada Rabu 5 Juni 2019, pemerintah provinsi Maluku Utara menggelar pawai takbir keliling.

Peserta pawai yang terdiri dari pimpinan SKPD, pegawai dilingkungan Pemprov Malut, dan masyarakat Sofifi secara resmi dilepas oleh Gubernur Malut KH Abdul Gani Kasuba di depan masjid Nurul Hasan kantor gubernur, gusale puncak, Sofifi, Selasa (4/5/2019).

Gubernur dalam sambutannya mengatakan, pelaksanaan pawai takbir keliling juga memiliki nilai, untuk itu jangan memandang ini sebagai kegiatan yang tidak berarti apa-apa.

“Malam ini kita mengagungkan nama Allah untuk mengakhiri perjalanan kita selama satu bulan. Marilah kita hayati bersama bahwa ini bukan persoalan huru hara ataupun tidak bernilai,”ungkap Gubernur

Gubernur dua periode ini menambahkan, selama sebulan lamanya umat muslim diwajibkan untuk menahan lapar, dahaga, serta meninggalkan hal-hal yang dilarang oleh Allah SWT. Olehnya itu, setelah selesai dalam ibadah puasa umat muslim diharuskan untuk bertakbir.

“Ini adalah mengagungkan, khusus bagi mereka yang telah memenuhi selama sebulan penuh menahan diri menjauhkan hal-hal yang tidak diperkenankan oleh Allah SWT,”imbuhnya

Untuk menjaga keamanan dan kelancaran acara tersebut, Kepolisian Sektor (Polsek) Oba Utara mengerahkan 27 personil ke sejumlah titik yang dilintasi oleh peserta pawai.

“Mereka ditugaskan di sejumlah titik, seperti perempatan lampu merah galala, perempatan jalan kilometer 40, dan titik lain yang dianggap perlu adanya pengawasan untuk menghindari kepadatan kendaraan,”kata Kapolsek Oba Utara Iptu A Madiong

Rute pawai takbiran keliling dimulai dari depan Masjid Nurul Hasan, Gusale Puncak menuju kediaman Walil Gubernur M Al Yasin Ali di desa Balbar. Untuk menuju kediaman Wagub, peserta pawai harus melewati keluarahan Guraping, desa Galala, Desa Balbar, hingga kelurahan Sofifi, kemudian pertigaan Sofifi belok kiri menuju perempatan jalan KM 40 lalu belok kiri lagi, dari situ jalan lurus melintasi bundaran hingga berakhir di kediaman Wagub.

Setibanya di depan kediaman Wagub, nampak M Al Yasin Ali didampingi istri tercinta Mutiara T Yasin sudah berdiri didepan kediaman menyambut kedatangan peserta pawai.

Pantauan reporter jurnalline.com, terlihat 1 unit mobil tronton yang mengangkut sound serta peserta pawai yang mengumandangkan takbir, 4 unit bus, puluhan mobil sejenis sedan, serta puluhan motor. Sepanjang jalan terdengar lantunan takbir yang menggema.

Tampak hadir Gubernur KH Abdul Gani Kasuba, Kadis PU Djafar Ismail, Kadis PTSP Nirwan MT Ali, Karo Kesra D6ihir Bajo, Kepala Balitbangda Mulyadi Mowor, Karo PKKP Mulyadi Tutupoho, Kadis Pariwisata Samsudin A Kadir, Karo Umum Djamaludin Wua, Kepala Kanwil Kemenag Malut Sarbin Sehe, Kapolsek Oba Utara Iptu A Madiong, Danramil Mayor Inf. Ibrahim Malik, pegawai dilingkup Pemprov Malut, dan masyarakat Sofifi.

Penulis : WMY
Editor : Fay

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.