Satgas Yonif PR 328 Kostrad Hadiri Pelantikan Kepala Suku Awinero

Spread the love

Jurnalline.com, Penkostrad – Papua dikenal dengan banyaknya suku yang tersebar di beberapa daerah dimana setiap suku memiliki satu pemimpin (Kepala Suku), pemilihan Kepala Suku biasanya diwariskan melalui garis keturunan. Seperti yang dilakukan oleh suku Awinero yang melantik Kepala Suku baru. Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) Yonif PR 328 Kostrad ikut hadir dalam salah satu kegiatan adat pelantikan Kepala Suku Awinero baru di Kampung Nafri, Jayapura. Kamis (27/06).

Dansatgas Pamtas Yonif PR 328 Kostrad Mayor Inf Erwin Iswari, S.Sos., M.Tr (Han) mengatakan bahwa pelantikan Kepala suku baru dilaksanakan karena Kepala suku yang lama telah meninggal.

“Kepala suku lama Bapak Obet Awinero telah tutup usia, sehingga untuk meneruskan kepemimpinan dalam suku tersebut dilakukan pelantikan Kepala suku baru yang merupakan anak satu-satunya dari Bapak Obet Awinero,” ujar Mayor Inf Erwin.

Pos Nafri yang dipimpin Sertu Anugrah menghadiri kegiatan pelantikan ini, Sertu Anugrah mengatakan bahwa kegiatan yang berlangsung selama 2 hari ini sangat meriah, tarian-tarian adat serta nyanyian adat sangat meriah ditambah dengan musik tradisional untuk merayakan kegiatan pelantikan kepala suku baru.

“Kegiatan ditutup dengan kegiatan pengantaran/pelepasan kepala suku yang baru menuju ujung kampung yang diikuti oleh seluruh warga,” tambahnya.

Personel Pos Nafri juga ikut memeriahkan tradisi adat bersama-sama dengan warga yang merupakan wujud kebersamaan dan kedekatan personel Satgas dengan warga suku Awinero. Selain dari suku Awinero juga hadir masyarakat wilayah timur Kampung Nafri dengan ciri khas adat warna orange.

Penulis : Fram
Editor : Ndre

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.