Bupati ROR Pimpin FGD Kajian Pengembangan Sistem Transportasi Perkotaan Kawasan Aglomerasi BIMINDO

Spread the love

Jurnalline.com, Minahasa – Bupati Minahasa, Ir Royke Oktavian Roring, M.Si menyampaikan bahwa Pemerintah Pusat telah memberi perhatian khusus kepada kawasan Bitung, Minahasa, Manado, sebagaimana mengacu pada lampiran peraturan pemerintah no.13 tahun 2017 tentang rencana tata ruang wilayah nasional yang telah menetapkan kawasan Aglomerasi/Metropolitan Bitung-Minahasa-Manado (BIMINDO) sebagaimana layaknya Jabodetabek.

” Keberhasilan pembangunan sangat dipengaruhi oleh peran transportasi sebagai urat nadi perekonomian. Pembangunan sektor transportasi diarahkan pada terwujudnya sistem transportasi yang efektif dan efisien dalam menunjang dan menggerakan dinamika pembangunan sekaligus mendukung mobilitas manusia, barang serta jasa. ” tutur Bupati ROR dalam arahannya Jumat (19/07/2019) bertempat di Rusid Kantor Bupati.

Mengapresiasi Dishub Provinsi yang menempatkan Kabupaten Minahasa sebagai salah satu lokasi pelaksanaan Forum Group Discussion dan Suatu antisipasi dari pemerintah dalam hal ini kementerian perhubungan bersama Gubernur Sulut ODSK ketika mengkaji perhubungan transportasi kawasan perkotaan BIMINDO.

“Tentunya dengan melakukan suatu kajian dapat menjadi dasar dalam pengambilan kebijakan dan keputusan menyangkut sistem transportasi yang ada di wilayah ini Dasar kajian ini akan sangat membantu Pemerintah menentuk mana mode transportasi yang betul-betul memadai dan yang sudah dapat kita terapkan. Tentu mode transportasi yang kita butuhkan untuk 5-10 tahun kedepan.” Jelas Bupati

Diketahui dalam rangka pengembangan transportasi dan pariwisata kami merencanakan adanya angkutan sungai danau di danau tondano berupa taksi danau, kiranya dapat menjadi satu kajian bersama untuk menjadi mode transportasi yang ada di wilayah tondano dan sekitarnya dengan kajian pengembangan sistem transportasi kawasan perkotaan BIMINDO.

“Semoga Transportasi yang ada di Minahasa kedepan bisa lebih baik dan bermanfaat juga bagi kabupaten/kota yang ada disekitar terlebih bagi Sulawesi Utara.” tutup Bupati ROR

Sementara itu Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sulut DR Linda Wantania, MM MSi menyampaikan bahwa Pelaksanaan kegiatan HUT PERHUB Nasional tahun 2019.

“Kegiatan yang diadakan setiap tahun ini, sebelumnya sudah pernah dilaksanakan di kabupaten minahasa, yakni pada tahun 2003, tahun 2019 dan pelaksanaannya kembali di kabupaten minahasa sekaligus dengan penyerahan penghargaan.” terang Wantania

Turut Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sulawesi Utara Dr.Linda Watania, MM, MSi, Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah XXII Sulut Reinhard Ronald, S,SIT, MT selaku narasumber, Tim Universitas Katolik De La Salle Jeffry Worang, Ramon Rumambi dan Ghyslain Le Bihan M. Eng selaku narasumber, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Minahasa Ir. Hendrik Kaunang, Kasatlantas Polres Minahasa AKP Andre Kilapong, SE.

Penulis : EffendyIskandar
Editor : Fay

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.