Desa Terbaik Tingkat Nasional Menjadi Tujuan Studi Tiru Kades Ogan Ilir

Spread the love

Jurnalline.com, Ogan Ilir (Sumsel) – Guna mendapat perbandingan dan wawasan terhadap tata kelola keuangan dan kemajuan suatu desa,113 Kepala Desa dalam Kabupaten Ogan Ilir Studi tiru ke Desa Cibodas Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat,Senin (29/7).

Ketua Forum Kades Kabupaten Ogan Ilir Mahersyah mengungkapkan,bahwa diadakannya studi tiru atau observasi lapangan ke Desa Cibodas ini karena Desa Cibodas merupakan juara Naaional dalam pengelolaan Keuangan Desa dan tertip administrasi.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui secara langsung bagaimana tehnis dalam pengelolaan keuangan desa dan adimistrasi yang baik dan benar, sehingga kita semua dapat belajar dan meniru keberhasilan desa Cibodas tersebut untuk di tiru serta dapat diterapkan di desa yang ada di Kabupaten Ogan Ilir,”Jelasnya.

Sementara Pj Kades Cibodas Asep Suherman saat di bincangi Jurnalline.com mengatakan Al hamdulillah desa kami dinobatkan sebagai juara terbaik Nasional dalam pengelolaan Dana Desa dan tertib Administrasi Keuangan Desa dan juga
berhasil dalam mengolala Badan Usaha Milik Desa ( Bumdes ) dengan penghasilan yang pantastis setiap bulannya, kemudian Desa Cibodas juga berhasil dalam bidang infrastruktur dan adimistrasi.

Selain itu Asep mengatakan, Desa Cibodas mempunyai tiga unit Badan Usaha Milik Desa (Bumdesa) yang terdiri dari Pengelolaan unit Air Bersih Sejenis Pamsimas ,Unit Pengelolaan Niaga yaitu Mini Market ,Unit Pengelolaan Gedung Serbaguna dengan alokasi modal awal dari Dana Desa Rp 700 juta,dan dari ke tiga unit Usaha tersebut kami mendapat laba keuntungan rata-rata 10 juta perbulan,uang tersebut langsung masuk kas desa,selain itu kami dapat dari restribusi beberapa objek wisata diwilayah desa kami sebes 15 juta perbulannya ” Terangnya.

Berdasarkan pantauan Jurnalline.com,Desa Cibodas memiliki Kantor terpadu yang memadai di antaranya Kantor Kepala Desa dengan fasilitas Wifi dan pelayanan terbaik, Puskesdes,Kantor Bumdes, Gedung Serbaguna, Kantor BPD, Rumah Dinas Kepala Desa,Masjid,Kantor MUI dan lainnya.

Observasi lapangangan tersebut dilaksanakan oleh 113 Kepala Desa dari 9 Kecamatan dalam Kabupaten Ogan Ilir yang terdiri dari Kecamatan Indralaya , Kecamatan Pemulutan Barat , Kecamatan Tanjung Raja ,Kecamatan Kandis ,Kecamatan Rantau Alai , Kecamatan Rambang Kuang , Kecamatan Payaraman ,Kecamatan Lubuk Keliat dan Kecamatan Rantau Panjang.

Penulis : Syaroni
Editor : Ndre

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.