Jalasenastri Surabaya Dan Sorong Selenggarakan Lomba Dirigen Serta Paduan Suara

Spread the love

Jurnalline.com, Surabaya – Dalam rangka menyambut peringatan Hari Ulang Tahun ke-73 Jalasenastri, Badan Kordinasi Jalasenastri Surabaya dan Sorong menyelenggarakan Lomba Dirigen dan Paduan Suara di Akademi Angkatan Laut (AAL), Bumimoro, Surabaya, Rabu (24/7).

Kegiatan lomba tersebut, dibuka secara resmi oleh Wakil Ketua Umum Jalasenastri Ny. Chichi Wuspo Lukito dan ditandai dengan pemukulan gong.

Dalam sambutan tertulis Ketua Umum Jalasenastri Ny. Manik Siwi Sukma Adji yang dibacakan Wakil Ketua Umum Jalasenastri Ny. Chichi Wuspo Lukito, mengatakan, tujuan diadakan pelatihan, lomba dirigen dan paduan suara adalah untuk menggali potensi diri dan mencari bakat anggota Jalasenastri, yang memimpin sebuah pertunjukan musik melalui gerak isyarat tangan atau disebut dirigen.”Diharapkan, akan diperoleh dirigen yang berbakat dan berkualitas dalam memimpin paduan suara pada kegiatan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Hymne maupun lagu Mars.”

Sedangkan untuk paduan suara, adalah banyak makna dan tujuan untuk seni bernyanyi, karena tidak hanya menyangkut cipta, karsa dan ekspresi, tetapi juga menghormati orang lain.

Menurut Ketua Umum Jalasenastri, bernyanyi akan meningkatkan performance masing-masing anggota, mengerti dan memahami tentang makna harmonisasi. “Semua itu, juga dapat diterapkan dan sesuai dalam kehidupan sehari-hari, baik untuk saat bekerja maupun diterapkan pada saat musyawarah, karena sudah terbiasa menyelaras dengan pihak lain.”

Ketua Umum Jalasenastri Ny. Manik Siwi Sukma Adji berharap, kegiatan lomba ini tidak hanya sekedar sebagai ajang unjuk kebolehan, tetapi juga dapat diaplikasikan dan digunakan pada berbagai kegiatan di organisasi Jalasenastri maupun di lingkungan masyarakat, karena merupakan hasil dari pelatihan yang telah diterima oleh para peserta lomba selama ini.

Lomba dirigen dan paduan suara ini, diikuti oleh 10 peserta yang berasal dari Pengurus Daerah Jalasenastri Armada II, Pengurus Daerah Jalasenastri Armada III, Cabang BS Jalasenastri AAL, Kodiklatal, Pasmar 2, Pasmar 3, Puspenerbal, STTAL, Dispisial dan Korcab XIV. Untuk lokasi pelaksanaan, lomba paduan suara bertempat di gedung Maspardi, sedangkan lomba dirigen bertempat di gedung Dewakang Akademi Angkatan Laut.

Untuk penilaian peserta terbaik, dilaksanakan oleh beberapa dewan juri, untuk juri lomba paduan suara, yaitu Bapak Yosafat Rannu Lepong sebagai Juri 1, Bapak Alfredo Leonard Pelupessy sebagai Juri 2 dan Ibu Nelvalerina Tiurma S. Pd sebagai Juri 3. Sedangkan untuk juri lomba dirigen, yaitu Bapak Moses Petta yang sehari-harinya sebagai Ketua Komisi Musik GPIB “Bukit Zaitun” Surabaya dan Ibu Dwi Purwanti dari Dinas Pendidikan Provinsi Jatim yang juga seorang pencipta lagu dan arranger musik.

Sebagai rangkaian kegiatan tersebut, sehari sebelumnya, tanggal 23 Juli 2019 juga telah dilaksanakan acara pelatihan dirigen kepada para peserta lomba.

Hadir pada acara tersebut, Ketua Cabang Berdiri Sendiri (BS) Jalasenastri AAL Ny. Eni Edi Sucipto, Wakil Ketua Cabang Berdiri Sendiri (BS) Jalasenastri AAL Ny. Nana Endi Supardi, Ketua Daerah, Ketua Gabungan, Ketua Korcab yang tergabung dalam Bakor Jalasenastri Surabaya dan Sorong.

Penulis : Fram
Editor : Ndre
Sumber : Kabagpen AAL

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.