Jalin Kerjasama di Sektor Perikanan, Alat Deteksi Ikan Jabar akan Dibawa ke Malut

Spread the love

Jurnalline.com, SOFIFI – Pemerintah provinsi Maluku Utara (Malut) dan Jawa Barat (Jabar) akhirnya saling tatap muka untuk membicarakan hubungan kerjasama lintas provinsi.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil nampaknya sangat berminat dengan potensi perikanan yang dimiliki oleh provinsi Maluku Utara (Malut). Hal itu diungkapkan Kang Emil sapaan Gubernur Jabar, diruang rapat gedung Sate, Selasa (9/7).

”Maluku Utara juga memiliki kekayaan ikannya, kira2 begitu. Nah, kita akan lihat bulan-bulan depan kita akan lebih utamakan kerjasama dibidang perikanan,” katanya dihadapan gubernur dan para pimpinan SKPD dilingkup pemprov Malut.

Pemprov Jabar, dengan segala kemampuan yang dimiliki berupa alat deteksi ikan yang akan diberikan kepada nelayan Malut dengan tujuan untuk tingkatkan hasil tangkapan, sehingga alat tersebut dapat bermanfaat untuk sejahterakan nelayan. “Kami dengan segala kemampuan yang kami miliki, baik dibidang teknologi maupun keilmuan lainnya, baru minggu lalu nelayan di Sukabumi itu dibekali dengan teknologi untuk dapat mendeteksi geraknya ikan, jadi alat itu dipasang pada perahu sehingga kita bisa tahu keberadaan ikan itu ada dimana, dan berada di kedalaman berapa meter pun dapat dideteksi. Sehingga ketika nelayan pada saat sekali melaut hasil yang didapatkan bisa dua kali lipat,” jelasnya.

Untuk itu, dalam jangka waktu dekat ini pemprov Jabar akan siapkan alat pendeteksi ikan dan akan dibawa ke Maluku Utara, sehingga kerjasama kedua daerah dapat terealisasi pada tahun 2019. ”Mungkin itu (alat deteksi ikan) yang bisa kita bawa, dan nelayan Maluku Utara dan Jabar dalam waktu dekat akan kita pertemukan dan pihak pemprov Malut akan kita undang lagi, sehingga kesejahteraan itu kita bisa kerjakan bersama dan kita juga berharap sebaliknya,” ungkapnya.

Gubernur KH Abdul Gani Kasuba didampingi Penjabat Sekretaris Daerah (Pj Sekda) Bambang Hermawan dan sejumlah pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dilingkup Pemprov Malut hadiri pertemuan perdana pembahasan kerjasama.

Penulis : Wahyudi Yahya
Editor : Fay

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.