Kunjungi Balita Penderita Gizi Buruk, MHI : Peran Pemda Sangat Penting

Spread the love

Jurnalline.com, HALSEL – Kepala Dinas Sosial Provinsi Maluku Utara (Malut) Muhammad H. Ismail mengunjungi tiga balita penderita gizi buruk di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Labuha, Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel), Kamis (4/07/2019).

Rasa kepedulian terhadap orang yang tidak mampuh maupun yang mendapat musibah rupanya menjiwai kepada Muhammad Hi Ismail (MHI) yang merupakan salah satu Bakal Calon Bupati Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel).

Tiga balita yang terserang gizi buruk yang di kunjungi MHI yakni Masya berumur 1,7 bulan, anak dari pasangan Udin Watang dan Waeli, warga Desa Soligi Kecamatan Obi Selatan. Rafa Onggi berumur 1,3 tahun anak dari pasangan Onggi dan Mini, warga Desa Sidangan Kecamatan Kasiruta Barat. Dan Apriani berumur 1,2 tahun anak dari Rensina Robodoe yang suaminya telah meninggal dunia, warga Desa Galala Kecamatan Madioli Selatan.

MHI kepada reporter Jurnalline.com mengatakan, dirinya mendapat informasi di Kabupaten Halsel terdapat tiga belita terserang gizi buruk, sehingga dirinya langsung bertolak ke Halsel untuk mengujungi tiga balita korban gizi buruk untuk memastikan jika kelurga yang anaknya terserang gizi buruk pernah menerima atau tidak bantuan Program Keluarga Harapan (PKH).

“Jadi saat saya tanya ke mereka ternyata mereka belum pernah menerima bantuan PKH, “ ujarnya.

Sebagai Kepala Dinas Sosial (Kadinsos Provinsi Malut kata MHI, dirinya akan memasukan tiga keluarga yang anaknya terserang gizi buruk dalam PKH. Sebab, tiga keluarga tersebut secara ekonomi masuk dalam ketengori keluarga tidak mampuh sehingga layak mendapat bantuan PKH.

“Dari tiga balita yang terserang gizi buruk ternyata ada yang tidak murni hanya gizi buruk, tapi juga komplikasi penyakit lain seperti terserang gizi buruk dan juga TBC, bahkan juga ada terserang gizi buruk serta HIV. Dari tiga ini hanya satu yang murni terserang gizi buruk, “ katanya.

Selain mengunjungi memastikan tiga keluarga anaknya korban gizi buruk, mhi juga memberikan santunan kepada tiga keluarga tersebut. MHI juga berharap, Pemerintah Kabupaten Halsel lebih berperan melihat kondisi masyarakat terutama masyarakat kurang mampuh.

“Peran pemerintah daerah sangat lah penting untuk mengatasi gizi buruk, karena apapun alasannya pemerintah berkewajiban melindungi masyarakat,”pungkasnya

Penulis : Wahyudi Yahya
Editor : Fay

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.