Pemdes Sri Bandung Sukses Gelar Acara Pemilihan Anggota BPD

Spread the love

Jurnalline.com, Banyuasin (Sumsel) – Dimana akan berkahirnya masa jabatan anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Sri Bandung yang lama, kali ini Pemdes Sri Bandung Kecamatan Banyuasin III, Kabupaten Banyuasin kembali melakukan pemilihan calon anggota BPD yang baru.

Pemilihan dilaksanakan oleh panitia BPD Desa Sri Bandung secara serentak dari II dapil yang dilaksanakan dalam satu TPS yang berada TPS 01 Desa Sri Bandung Kecamatan Banyuasin III Kabupaten Banyuasin.

Pemilihan ini di ikuti sebanyak 12 orang calon yang mana dari dapil 1 yakni,
1. Muhammad Rizal
2. Rudi Hartono
3. Yuliana
4. Caca Handika. SE.
Dengan jumlah mata pilih 92 orang

Untuk dapil 2
1. Irwansyah. S.IP
2. Suhadi Iskandar
3. Rinto Harahap
4. Edi Supriyatna
Dengan jumlah mata pilih 123 orang

Sementara untuk calon keterwakilan perempuan yakni,
1. Sri Hartati
2. Winda Sartika
3. Arina
4. Sakiyah
Dengan jumlah mata pilih 237 orang

Ketua Panitia pemilihan BPD Desa Sri Bandung Muhammad Yamin S, IP. mengatkan banwa pemilihan ini dilaksanakan Secara musyawarah keterwakilan Kepala Keluarga (KK) dengan berdasarkan jumlah seluruh Kepala Keluarga (KK) dengan rincian dimana untuk dapil I berjumlah 92 mata pilih,
Sedangkan untuk dapil 2 jumlah mata pilihnya sebanyak 123 mata pilih. Dan jumlah mata pilih, dan untuk keterwakilan perempuan berjumlah 237 mata pilih.

“Pemilihan ini nanti dari II dapil nanti calon yang terpilih akan kita ambil perdapilnya dimana dapil 1 diambil dua kursi, dapil 2 diambil dua kursi dan. Sementara untuk keterwakilan perempuan calon yang terpilih juga diambil satu, kursi’ kata dia.

Lebih lanjut dikatakan Ketua Panitia, bahwa dalam proses pemilihan BPD ini, bagi pemilih laki-laki tidak di perbolehkan untuk memilih calon BPD dari perempuan dan sebaliknya untuk perempuan juga tidak bisa memilih calon dari laki-laki karena sesuai dengan persetujuan dari hasil rapat musyawarah antara pihak panitia dan seluruh calon angota BPD.

Yamin juga menyampaikan, “Kami dari segenap jajaran panitia pemilihan BPD Desa Sri Bandung berharap pemilihan ini berjalan lancar, aman dan kondusif. Kepada calon yang terpilih dan calon yang Gugur harus tetap menjalin tali silahturahmi yang Baik. Dan kami dari segenap panitia sudah bekerja dengan baik sesuai dengan aturan yang berlaku,” tegas dia.

Sementara Kepala Desa Sri Bandung, Abdul Khadir, mengatakan kalau di Desa Sri Bandung sudah melakukan pemilihan anggota BPD selama 3 kali.

“Saya selaku kepala Desa Sri Bandung mengucapkan selamat kepada anggota BPD yang terpilih dan nantinya bagi angota BPD yang terpilih bisa bekerjasama dan bisa bemitra dengan pemerintah Desa dan bisa mengajukan program-program untuk kemajuan dalam membangun desa Sri Bandung.

Apalagi, Sambung Abdul Kadir, kedepannya beban yang akan kita pikul sangat berat karena banyak visi dan misi yang harus dilaksanakan. “Oleh karena itu kepada BPD yang terpilih harus benar – benar bisa bersinergi dengan Pemdes Sri Bandung dalam membangun Desa Sri Bandung ini agar lebih baik lagi,” ucap dia.

Sekarang pemilihan telah selesai jadi saya selaku Kepala Desa Sri Bandung janganlah kita terpecah belah hingga menimbulkan kericuhan agar terciptanya pemilihan yang aman dan kondusif. “Beda pilihan itu sudah biasa yang penting tetap saling menghargai dan saling menghormati dan jagalah kamtibmas,” pungkas dia sembari menambahkan bahwa pemilihan ini tanpa dukungan dari masyarakat tidak akan bisa berjalan dengan lancar.

Camat Banyuasin III Dra. Yuni Hairani, M.Si yang diwakili oleh Sekertaris Camat Banyuasin III , Santo, S.Sos saat dikonfirmasi mengucapkan selamat kepada calon BPD yang sudah terpilih.”Saya ucapkan selamat kepada calon BPD yang terpilih dan nantinya bisa bersinergi dengan Pemerintah Desa Sri Bandung.

“Saya Berharap kepada anggota BPD yang terpilih mempunyai kerebilitas bisa membawa perubahan desa bisa melaksanakan visi dan misi dan bisa melaksanakan pungsi dan tugas selaku BPD di desa sri bandung yang telah tertuang di peraturan Pemendagri No 110 tahun 2016 tentang BPD.

Santo juga menambahkan sudah 20 Desa yang sudah melakukan pemilihan anggota BPD dan tinggal satu desa yang belum melaksanakan pemilihan anggota BPD karna massa jabatannya tahun 2020 baru habis,

Santo juga menjelaskan bahwa hari ini di Kecamatan Banyuasin III selain Desa Sri Bandung ada tiga desa yang melaksanakan pemilihan BPD yakni Desa Pangkalan Panji, Desa Suka Mulia dan Desa Pelajau Ulu.

Adapun Lima Calon BPD Desa Sri Bandung yang terpilih dari II dapil dan keterwakilan perempuan

Caca Handika, SE. dan Yuliana dari dapil I

Irwansyah, S. IP dan Rinto Harahap untuk dapil dua II

Sri Hartati untuk Keterwakilan perempuan.

Penulis : Denny
Editor : Fay

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.