Tanamkan Kedisiplinan, Babinsa Koramil 07/Sebulu Latih PBB Kepada Siswa/i Baru SMP Negeri 2 Sebulu

Spread the love

Jurnalline.com, Tenggarong – Guna menanamkan kedisiplinlan kepada para siswa/i baru SMP Negeri 2 Sebulu, yang sedang menjalani Masa Orientasi Siswa (MOS), Babinsa Koramil 0906-07/Sebulu Serda Djumaris M. dipercaya memberikan pelatihan Peraturan Baris Berbaris (PBB). Desa M Daya, Kecamatan Sebulu Kabupaten Kutai Kartanegara, Kamis (11/7/2019)

Yang mana semboyan yang dipegang teguh TNI yaitu “Disiplin adalah nafasku”. Sebab, disiplin adalah modal utama dalam melakukan setiap hal, baik dalam pekerjaan maupun melakukan ibadah.

Pelatihan PBB tersebut, juga bertujuan untuk menumbuhkan rasa persatuan, rasa tanggung jawab dan dapat meningkatkan kedisiplinan yang tinggi.

Selain itu latihan PBB ini bermanfaat untuk melatih daya konsentrasi tiap murid tentang solidaritas sesama tim.

Pelatihan PBB diawali dengan memberikan teori kepada siswa-siswi baru, kemudian dilanjutkan dengan materi praktek, agar tertanam betul dibenak siswa-siswi tersebut tentang kedisiplinan.

“Ini adalah merupakan dasar dalam membentuk sikap mental dan karakter yang baik,” ujar Serda Djumaris.

Dalam materi praktek, diawali dengan memberikan contoh gerakan agar dapat dilihat dan diikuti oleh siswa-siswi baru.

“Selanjutnya kami beri instruksi dan menilai gerakannya, jika masih salah akan kita koreksi dan diulangi lagi sampai benar,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Sebulu, Nuriyono, S.Pd, M.Pd. mengatakan, kehadiran Babinsa dalam memberikan pelatihan PBB merupakan permintaan langsung dari pihaknya.

Yang mana maksud dan tujuannya adalah, agar siswa-siswi baru ini memiliki kedisiplinan yan tinggi agar terbentuk sikap dan karakter yang baik. Siswa-siswi baru ini pun terlihat antusiasme dengan pelatihan yang diberikan oleh Babinsa.

Saat pemberian teori mereka memperhatikan dengan seksama apa yang dijelaskan oleh Babinsa dan juga pada saat praktek mereka pun terlihat senang dan bersemangat mengikuti gerakan yang dilatihkan.

Penulis : Fram
Editor : Ndre

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.