Bersama Ribuan Warga, Pangdam Sholat Idul Adha di Lapangan Makodam Jaya

Spread the love

Jurnalline.com, Kodam Jaya – (Jakarta Timur) – Pangdam Jaya Mayjen TNI Eko Margiyono bersama keluarga melaksanakan Sholat Idul Adha 1440 H / 2019 M, di Lapangan Makodam Jaya, Jakarta Timur, Minggu (11/8).

Tampak juga Kasdam Jaya Brigjen TNI Suharyanto mendampingi Pangdam saat memasuki lapangan Makodam Jaya untuk melaksanakan Sholat Idul Adha bersama sekira 1.000 jamaah.

Ibadah tahunan yang dikenal dengan Hari Raya Kurban ini, dipimpin oleh KH. Ahmad Sobari, MA., Kepala Kantor Urusan Agama Cipayung sebagai imam sekaligus khatib.

Selepas salam, khatib menyampaikan khutbah kepada para jamaah seputar sejarah Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS. Khatib mengajak jamaah bertafakur mengingat kembali sejarah kurban, ka’bah dan haji. “Dan perhatikanlah, ketika Nabi Ibrahim AS diuji Allah dengan beberapa perintah, ternyata Nabi Ibrahim AS bisa melaksanakan dengan sebaik-baiknya,” kutip khatib dari QS. Al-Baqarah ayat 124.

Khatib juga menambahkan, kepatuhan dan kedisiplinan Nabi Ibrahim AS sebagai contoh luhur nilai kepimpinan. “Karena kepatuhan, kedispilinan dan pengabdian Nabi Ibrahim AS yang demikian sempurna, maka Allah SWT berkenan menganugerahkan penghargaan kepada Nabi Ibrahim AS sebagai imam, pimpinan umat manusia,” demikian khatib melanjutkan khutbahnya.

Menutup khutbahnya, khatib menyampaikan sejarah Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS harus menjadi teladan dalam kehidupan berbangsa. “Sejarah Nabi Ibrahim AS dan Ismail AS banyak memberikan pelajaran yang harus kita teladani. Nabi Ismail AS adalah cerminan ideal sikap seorang anak terhadap orang tua, anak yang patuh terhadap orang tua, bahkan siap berkorban karena perintah Tuhan. Nilai itupun bisa diaplikasikan dalam kehidupan berbangsa, dimana setiap warga negara harus bisa berkontribusi dan berkorban demi Bangsa Indonesia,” tutup khatib.

Usai Sholat Idul Adha, dilanjutkan penyerahan hewan kurban oleh Pangdam berupa seekor sapi kepada Kabintaldam Jaya Kolonel Inf Sarwoyadi di depan kantor Bintaldam Jaya Kodam Jaya.

Sapi itu pun langsung disembelih oleh petugas setelah diserahkan Pangdam. Hewan kurban dari Pangdam ini melengkapi hewan kurban yang telah diterima panitia kurban Kodam Jaya menjadi 12 ekor sapi dan 11 ekor kambing. Daging hewan kurban ini akan dibagikan kepada warga kurang mampu di sekitar Makodam Jaya.

Penulis : Fram
Editor : Ndre

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.