Dandim 0502/Jakarta Utara Berikan Wasbang Bela Negara Mahasiswa UTA 45 Jakarta

Spread the love

Jurnalline.com, Jakarta – Komandan Kodim 0502/JU Kolonel Kav Tri Handaka,SH menjadi pemberi materi Wawasan Kebangsaan ( Wasbang ) dan Kepemimpinan Pemuda dalam kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru ( PKKMB ) Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta Tahun Ajaran 2019-2020. Acara berlangsung di lt 8 Ruang Aula UTA 45 Jl. Sunter Permai Kel. Sunter Agung Kec Tg Priok Jakarta Utara, Jumat (30/8/19).

Dihadapan 400 orang mahasiswa dan mahasiswi Dandim memaparkan materi tentang prinsip dasar Wasbang dan berbagai metode dalam mewujudkan seorang pemimpin di kalangan pemuda.

Kita mengajak para mahasiswa agar memiliki rasa kebangsaan, memahami tentang kebangsaan dan memiliki semangat kebangsaan, Pancasila sebagai Ideologi sudah final dan harus dipertahankan, ujar Dandim.

Lanjut Tri Handaka, para generasi muda bangsa ini harus memiliki kewajiban untuk menjaga kedaulatan negara, menjaga keutuhan wilayah NKRI serta menjaga keselamatan bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia.

“Menjaga keutuhan dan kedaulatan negara, bukan hanya TNI, tetapi seluruh warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara,” urainya.

Kita mempunyai 4 pilar konsensus dasar bangsa ( PANCASILA , UUD 45, BHINEKA TUNGGAL IKA dan NKRI), keutuhan NKRI sudah teruji mulai dari pemberontakan PKI tahun 1948 di Madiun, tahun 1950-1959 Pergolakan dalam negeri seperti (DI /TII , RMS , PRRI , PERMESTA) dan tahun 1965 Gejolak G 30 S PKI, ujar Dandim.

Disintegrasi bangsa mengancam karena sifat egoisentris yang tidak searusnya berkembang di masyarakat. ” Ingat Negara Republik Indonesia memiliki keragaman budaya dan suku, pluralisme adalah nafas kehidupan yang telah mendarah daging, jangan karena ego sektoral nafas kita terkoyak “, jelas Dandim.

“Membangun Jati Diri Pemuda Dalam Peradaban Bangsa Indonesia Berlandaskan Nilai – Nilai Pancasila dan Semangat Nasionalisme” inilah slogan yang ingin saya tanamkan pada kesempatan ini.

Diakhir sesi paparan Dandim mengajak para mahasiswa dan mahasiswi untuk selalu berpikir positif, melakukan hal yang positif dan produktif, berpikir kritis namun tidak mudah terprovokasi. Mahasiswa adalah insan yang berpendidikan dan berintegritas jangan mudah terhasut dengan berita hoax dan perpecahan.

Hadir dalam kegiatan ini Bpk Rudyono Darsono Ketua YPT.17 Agustus 1945 Jakarta, Bpk Bambang MSI Wadir III bagian Kemahasiswaan UTA 45, Rektor UTA ’45 Ibu Virgo Simamora,MBA ,
Dirut 1 UTA’45 Bpk.Rajesh Khana,Msc,.Com dan Dekan Fisip Bpk.Firman,Sos.

Mahasiswa sangat antusias dalam mengikuti materi, terlihat beberapa dari mereka mengajukan pertanyaan dan kemudian dijawab dengan jelas oleh Dandim.

Penulis : Fram/Khanza
Editor : Ndre

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.