Diduga Ada Hewan Qurban Tidak Cukup Umur & Terinfeksi Cacing di Masjid Al-Azhom

Spread the love

Jurnalline.com, Kota Tangerang – Daging Hewan qurban sapi di Mesjid Raya Al-Azhom Kota Tangerang,dari hasil Tim pemeriksa hewan qurban dari Institut Pertanian Bogor (IPB) merilis hasil pemeriksaannya belum cukup umurnya untuk disebut hewan qurban , “Kami telah melakukan pemeriksaan selama dua hari, yaitu saat sebelum pemotongan dan hari H pemotongan,” ujar Reza Pratama, mahasiswa IPB saat ditemui di Masjid Raya Al-Azhom, Minggu (11/8/2019).

Reza menjelaskan hewan qurban di Masjid Raya Al-Azhom berjumlah 42 ekor sapi dan 9 ekor kambing. Sebelum disembelih, fisik hewan-hewan qurban itu diperiksa. Pemeriksaan fisik yang dilakukan pun seperti pengecekan tanduk dan usianya.

“Dari hasil pemeriksaan didapatkan sebanyak 4 sapi yang umurnya belum cukup untuk diqurbankan, 2 kambing yang juga belum cukup umur dan domba semuanya cukup umur,” katanya.

Setelah disembelih, hewan-hewan qurban itu kembali diperiksa. Pemeriksaan dilakukan pada organ-organ hewan qurban yang meliputi kondisi hati, limpa, jantung, ginjal dan paru-paru.

“Dari hasil pemeriksaan, kami dapatkan 7 organ hati kondisinya mengalami infeksi cacing, dan seekor sapi terindikasi hipoprotein,” ucapnya.

Reza menambahkan pihaknya telah merekomendasikan temuannya tersebut kepada pihak panitia penyelenggara qurban Masjid Raya Al-Alzhom.

Ketua Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Kota Tangerang Ahmad Rofiqi mengatakan hewan qurban yang belum cukup umur sudah diganti.”Sudah-sudah diganti dengan yang cukup umur,” katanya.

Disela sela warga yang men
dengar kalau hewan qurban yang sudah diganti ,mereka bertanda Tanya ,siapa yang akan mengganti,dan siapa yang akan menambah biayanya, sedangkan hewan qurban yang sudah cukup umur harganya lebih tinggi dari yang belum cukup umur.

Sementara terkait organ hati pada hewan kurban yang mengalami infeksi cacing tidak didistribusikan atau dibuang. “Nah untuk hati infeksi cacing tidak dipakai, ya,” pungkas panitia penyelenggara kurban Masjid Raya Al-Azhom ini.

Hasil Pantauan media bungkusan daging yang telah disiapkan habis semua dibagikan, mungkin ada beberapa warga yang datang tanpa membawa kupon tidak dapat kebagian, menurut warga katanya sudah habis.

Penulis : Fram
Editor : Fay

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.