Dihacker, Dalam Waktu 5 Menit Okebung. com Pulih Kembali diperbaiki Prajurit Kodam Jaya

Spread the love

Jurnalline.com, Jakarta – Saat ini mediaonline termasuk paling trend dan banyak pembacanya. Selain cepat informasinya, murah pula biayanya. Dengan bermodalkan lima ribu rupiah kita sudah bisa mengakses dan menerima informasi dari seluruh dunia. Kadang ada berita Hoaks, kadang berita benar pula. Makanya kita harus bijak menggunakan Medsos

Bagi orang awam yang baru mengenal dunia IT tentunya akan sulit mengenal tokoh-tokoh yang sangat dikagumi dan dikenal oleh masyarakat dunia maya di Indonesia pada umumnya, lihat saja karakteristiknya Kopda Yunanto, prajurit TNI AD lama tugas di Satuan Yonkav 7 Pragosa Satya.

Pria yang sehari-harinya bertugas di Penerangan Kodam Jaya/Jayakarta ini memiliki ilmu padi, makin berisi makin merunduk, telah banyak jasa – jasa beliau di dunia IT terutama di bidang media online.

Saat ini puluhan bahkan ratusan media online yang ditanganinya setiap hari, khususnya media online TNI. Dengan berbekal pengalaman Otodidak dan memiliki Talenta khusus yang sulit diukur ilmunya dalam bidang IT, Kopda Yunanto akhirnya dikenal dalam dunia jurnalis militer.

Sebenarnya Indonesia mempunyai banyak tokoh – tokoh IT yang kualitasnya tak kalah dengan tokoh – tokoh dari luar negeri. kadang kita juga tidak menyadari betapa besarnya sumbangsih mereka. Namun beda dengan Kopda Yunanto, dirinya tidak sekolah khusus IT, ia belajar dan belajar terus melalui Mbah Google hingga akhirnya berhasil juga menguasai bidang IT,khususnya mediaonline dan medsos.

Kita ketahui bahwa Media Online atau media siber secara umum adalah saluran komunikasi yang terjadi secara online melalui situs web di internet, baik itu berisi teks, foto, video, atau musik. Dengan kata lain, semua jenis saluran komunikasi yang ada di internet adalah media online. Sedangkan pengertian media online secara khusus adalah semua yang berhubungan dengan komunikasi massa.

Mengacu pada definisi media online tersebut maka yang termasuk di dalam media online tersebut adalah meliputi semua jenis website dan aplikasi.

Namun, bagi kita yang memiliki website pribadi khusus pemberitaan agar berhati-hati dengan hacker yang bisa meretas website kita sehingga rusak dan bahkan pemilik bisa dipidanakan jika tidak cepat ditangani pakarnya.

Seperti portal berita militer. www.okebung.com, Jum’at malam 23 Agustus 2019 sekira pukul 23.40,masih bagus website-nya. Sejam kemudian saat dibuka lagi sudah rusak dan bahkan hikang database semua, tak hanya itu saja template juga dirusak habis oleh orang-orang usil yang tidak bertanggungjawab

“Data base berita hilang semua, foto juga, untung ada back up semua, sehingga Kopda Yunanto bisa memperbaikinya. Bayangkan saja, dalam waktu 5 menit website okebung pulih kembali dengan tampilan baru lagi, “ungkap Ryan Noer Sinaga selaku pemilik website menambahkan bahwa ini sebagai pengalaman dan cobaan saja.

Disebutkannya bahwa dirinya memiliki orang IT juga, tapi tidak bisa perbaiki, bahkan ada yang katakan tidak mungkin ada yang berani merusak media TNI, namun kenyataannya ada dan bahkan rencana akan dilaporkan kepihak berwajib.

“Alhamdulilah banyak rekan-rekan media men-suport agar saya tetap semangat dan berdoa agar okebung pulih kembali bahkan pejabat TNI dan rekan-rekan TNI lainnya mendukung saya semua dan mendoakan okebung pulih. Berkat doa dan dukungan akhirnya okebung. com pulih kembali diperbaiki Kopda Yunanto dan bantuan data dari pihak hosting, “terang pria terlahir dari keluarga besar TNI ini.

Terpisah, Kopda Yunanto mengatakan bahwa perkembangan media online yang ada merupakan konsekuensi dari perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) yang kian pesat.

Menurutnya, hadirnya media online juga karena kebutuhan publik akan berita dan informasi yang sifatnya cepat dan mudah diakses.

“Hal-hal yang membuat konvergensi media cepat karena perubahan akibat perkembangan teknologi dan informasi yang cepat sehingga merubah ruang dan tatanan waktu serta tatanan nilai,namun mediaonline perlu diperkuaat Security Nya agar jangan bisa dibobol hacker seperti yang terjadi dengan okebung. com, ‘ungkap pria yang lama tugas sebagai Pasukan PBB diluar negeri.

Dikatakanya, bahwa dirinya begitu mendapat laporan website okebung. com dirusak langsung merespon dan meminta akses masuk ke hosting dan dasboard.

“Saya prihatin, media paling aktif pemberitaan TNI di hacker orang tak bertanggungjawab sehingga saya langsung tangani, alhamdulilah bisa saya tangani langsung dan saya perkuat security Nya, “sebutnya.

Kita, kata Kopda Yunanto harus mendukung dengan bang Ryan yang semangatnya tidak pernah kendor sedikitpun untuk mempublikasi kegiatan TNI. Bayangkan saja setiap hari begadang mengisi berita TNI sampai ratusan. Saya rasa belum ada yang sanggup seperti okebung naiki berita ratusan tiap hari dengan pemberitaan khusus TNI (AD, AL dan AU jajaran).

“Militan, komitmen dukung TNI dari publikasi harus kita dukung okebung. com, jarang dan sulit dicari manusia seperti bang Ryan Sinaga itu, “sebutnya.

Kita semua jajaran TNI mengetahui bahwa okebung. com paling aktif mempublikasi kegiatan TNI sehingga pantas menerima penghargaan dari bapak KASAD Jenderal TNI (Purn) Mulyono pada bulan Februari 2018 lalu KASAD AWARD. Bahkan okebung pernah menjuarai karya tulis TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) dua kali.

“Okebung juga dikategorikan media paling aktif dan paling solid dengan TNI sehingga saat Rakernispen dinobatkan media paling aktif di Indonesia dengan kegiatan TNI, meski seumur jagung medianya, mampu mengalahkan media besar yang kuat, semoga dengan cobaan gangguan ini okebung semakin sukses dan jaya kedepannya dan tetap solid dengan TNI, “Tandas Yunanto.

Penulis : Khnza/Fram
Editor : Fay

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.