Donor Darah RSAL Dr Ramelan Menyasar Kotama TNI AL Wilayah Surabaya

Spread the love

Jurnalline.com, Surabaya –
Dalam rangka memperingati HUT RSAL Dr. Ramelan Surabaya yang ke-69 , Rabu (14/8) bertempat di gedung Bakordik( Badan Koordinasi Pendidikan) di gelar pelaksanaan donor darah yang di pimpin secara langsung oleh Kepala Rumah Sakit ( KARUMKITAL) Laksamana Pertama TNI dr. Ahmad Samsulhadi sekaligus bertindak selaku pendonor, (14/8)

Donor darah kali ini menyasar 300 lebih personil dari seluruh Kotama TNI AL Wilayah Surabaya beserta keluarga ( militer, PNS, PHL) bahkan siswa dari Sekolah Kesehatan Angkatan Laut ( Sekesal) juga ikut melibatkan diri.

Satu komitmen dari orang nomor satu di RSAL ini bahwa donor darah dapat bermanfaat bagi mereka yang membutuhkan, bukan tujuan utama pendonor mengharapkan mendapatkan piagam setelah sekian kali.

Pelaksanaan donor tersebut sangat mendapat perhatian dari Kotama (Komando Utama) TNI AL Wilayah Surabaya yang terdiri dari Koarmada II, Kdiklatal, AAL, Lantamal V, Pasmar 2, UPT Mabesal , Pusnerbal baik militer, PNS, PHL juga tidakkeytinggalan anggota Jalasenastri di Kotama-Kotama tersebut, mereka berbondong-bondong hadir terpanggil untuk menjadinpendonor.

Menurut Karumkit, “ rumah sakit ini Ini adalah rumah sakit milik kita bersama, milik TNI, prajurit, keluarga, purnawirawan dan siswa, komitmen Kepala Staf TNI Anagkatan Laut Laksamana TNI Siwi Sukama Adji,S.E.,M.M menjadikan pasien-pasien untuk di muliakan , dilayani dengan baik bahkan pasien dari masyarakat umum juga mendapatkan pelayanan disini” tuturnya.

Ketua Panitia HUT Rumkita Dr. Ramelan Kolonel Laut (K) dr. Andi Abdullah, Sp.OT beserta Ketua Pelaksana donor darah Letkol Laut (K/W) Ririn Lestari Ningsing, SE.,M.M serta Ketua Ranting E Cabang 7 Gabungan Jalasenastri Mabesal Ny. Retno turut mendapingi peserta donor selama kegiatan berlangsung. Menurutnya peserta akan bertambah terus karena semakin siang masih ada yang berdatangan , mudah-mudahan akan melebihi target yang di canangkan sebelumnya, lebih dari 300 peserta. Namun hasil akhir menunjukkan jumlah peserta yang terdaftar 325 orang, lolos/ terskrining 211 dan di ambil darahnya ( sebagai pendonor) Tidak lolos 114 orang karena tidak memenuhi persyaratan sebagai pendonor .

Para pendonor darah dari panitia gabungan RSAL dan PMI UTD kota Surabaya menyediakan secara Cuma-cuma mocha Ice Ceam( dari sponsor PT UniChem Candi Indonesia), sembako yang terdiri dari ( 1 kg beras, 1 kg gula pasir, 1 Lt minyak goreng, 1 kg susu dan 5 bungkus mie instan).

Sebagai pelaksana kegiatan donor darah dalam rangka HUT RSAL Dr. Ramelan Surabaua yang ke-69 adalah personil dari PMI Embong Plosos Surabaya melibatkan 15 orang di pimpin langsung oleh Totok Sudarto yang kesehariannya selaku Dewan Kehormatan PMI UTD ( Unit Tranfusi Darah) kota Surabaya, menjadi harapan PMI dan jajarannya adalah masyarakat bisa menjadi budaya akan donor darah, “Salam Kemanusiaan” pungkasnya.

Penulis : Fram
Editor : Ndre

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.