Kadeppim AAL Terima Kunjungan Paskibraka Bali

Spread the love

Jurnalline.com, Surabaya – Kepala Departemen Kepemimpinan Akademi Angkatan Laut (Kadeppim AAL) Kolonel Marinir Muharam Ahmad Fauzi, S.E., M.M. menerima kunjungan kehormatan dari Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Karang Asem Bali di gedung Mandala AAL, Bumimoro Surabaya, Jumat (30/8).

Gubernur AAL Laksamana Muda TNI Edi Sucipto, S.E., M.M. dalam sambutan yang dibacakan Kadeppim AAL Kolonel Marinir Muharam Ahmad Fauzi, S.E., M.M. mengatakan, menjadi anggota Paskibraka merupakan suatu kebanggaan dan prestasi tersendiri dalam rangka menambah motivasi, tekad dan semangat untuk senantiasa berbuat yang terbaik, karena tidak semua orang memiliki kesempatan dan kemampuan untuk menjadi anggota Paskibraka. “Untuk itulah, saya merasa bangga dan senang dapat lebih dekat bersama putra dan putri terbaik”.

“Selanjutnya, perlu kami sampaikan secara sekilas bahwa Akademi Angkatan Laut adalah salah satu lembaga Pendidikan TNI Angkatan Laut, yang bertugas melaksanakan pendidikan pertama perwira sukarela tingkat Akademi. Tujuan pendidikan AAL adalah mendidik dan melatih para Taruna AAL untuk menjadi perwira TNI Angkatan Laut yang profesional, adaptif dan maju, berjiwa Sapta Marga serta memiliki kemampuan dan ketrampilan sesuai dengan tuntutan penugasan di Kapal Perang dan Pasukan”, kata Gubernur AAL.

Gubernur AAL juga mengatakan, program pendidikan di AAL diselenggarakan untuk memberikan bekal pengetahuan dan ketrampilan profesi sesuai Korps masing-masing, sehingga nantinya akan menjadi perwira TNI AL yang profesional, berwawasan luas, cinta tanah air dan bangsa serta siap menjadi pemimpin-pemimpin pembaharu TNI Angkatan Laut dan TNI di masa mendatang. “Dimensi kemampuan yang ditumbuh kembangkan di AAL, meliputi kemampuan Akademik, Kesamaptaan Jasmani dan Kepribadian.”

“Untuk mencapai ketiga dimensi tersebut, penyelenggaraan pendidikan di AAL dibagi menjadi tiga aspek kegiatan, yaitu Pengajaran, Latihan dan Pengasuhan. Kegiatan tersebut dilaksanakan secara terintegrasi melalui kegiatan pelajaran di kelas maupun kegiatan latihan-latihan praktek Korps dan Kemiliteran”.

Untuk mewujudkan dua sasaran besar dalam proses pendidikan di AAL, yaitu menjadikan para Taruna perwira-perwira muda yang profesional di bidangnya masing-masing dan mampu mengawaki Alat Utama Sistem Senjata (Alut Sista). “Artinya menjadikan para Taruna, perwira-perwira masa depan sebagai pembaharu organisasi TNI/TNI Angkatan Laut yang memahami dan mampu merespon perkembangan dunia militer, khususnya keangkatan lautan masa kini dan masa depan. Selain itu, Akademi Angkatan Laut saat ini terus berbenah diri dalam merespon tantangan tugas masa depan yang semakin kompleks sebagai dampak dari perkembangan lingkungan strategis yang terjadi”, tegas Gubernur AAL.

Gubernur AAL juga mengucapkan selamat datang di kawah Candradikmuka Akademi Angkatan Laut Bumimoro Surabaya, semoga kunjungan ini akan bermanfaat khususnya dan menambah wawasan dan nasionalisme bagi adik-adik anggota Paskibraka dari Kabupaten Karangasem Propinsi Bali, kedatangan rombongan Paskibraka dari Kabupaten Karangasem Propinsi Bali ini merupakan suatu kehormatan dan sekaligus menunjukkan besarnya perhatian dari Dinas Pendidikan Kepemudaan dan olah raga Kabupaten Karangasem, kepada lembaga pendidikan Akademi Angkatan Laut yang merupakan wadah pencetak pemimpin TNI AL.

Hadir pada acara tersebut, Pejabat Pemkab Karangasem Bali, yaitu Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kab. Karangasem I Wayan Purna, S.Sos., M.Si, Asisten Administrasi Umum Setda Kab. Karangasem Ni Made Santikawati, S.Pd., M.Si., Kadis Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kab. Karangasem I Gusti Ngurah Kartika, S.Pd., M.Pd.,
Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi dan Pembangunan
Drs. Made Sosiawan, Kepala Bagian Pengendalian Pembangunan Setda Kab. Karangasem Drs. I Wayan Sujana, 20 personel Panitia dan Perwira Pendamping dari AAL, 68 orang anggota Paskibraka dan 30 orang Pembina Paskibraka.

Selain itu, dilaksanakan kunjungan ke Museum Akademi Angkatan Laut (AAL) Loka Jala Crana yang berada di Bumimoro Surabaya, penyerahan cindera mata, sesi foto bersama di Monumen Hree Dharma Shanty dan makan siang bersama Taruna AAL di Rd. S. Hadi Winarso AAL.

Penulis : Fram
Editor : Ndre
Sumber : Kabagpen AAL.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.