Letkol CZI Pabate Disambut Adat Kutai, Letkol Inf Kamil Dilepas Dengan Pedang Pora

Spread the love

Jurnalline.com, KOREM091 (Sangatta) – Kedatangan Letkol CZI Pabate dan istri di Makodim 0909 Sangatta disambut dengan upacara adat Kutai Sangatta yakni tepung tawar oleh tetua adat, sementar kepergian Letkol Inf Kamil Bahren Pasha dan istri untuk melaksanakan tugas di Kostrad, dilepas keluarga besar Kodim Sangatta dengan haru, Jum’at (23/8/2019).

Prosesi menyambut kedatangan Letkol CZI Pabate dan melepas Letkol Inf Kamil Bahren Pasha, Jumat (23/8) pagi di Makodim Sangatta, merupaka tradisi di lingkungan Kodim Sangatta. Meski anggota Kodim Sangatta ditempa mentalnya baik saat pendidikan maupun melaksanakan tugas, namun keharuan berpisah dengan Letkol Kamil Bahren Pasha, tampak.

Kedatangan Letkol CZI Pabate dan istri di  Kodim Sangatta  disambut  Letkol Inf Kamil dan itri serta perwira dan keluarga besar Kodim Sangatta. Kedatangan Letkol CZI Pabate dilanjutkan dengan ramah tamah, setelah itu berlanjut dengan prosesi pelepasan Letkol Inf Kamil Bahren Pasha.

Sebelum menuju kendaraanya, Letkol Inf Kamil Bahren Pasha melewati barisa Perwira Kodim Sangatta yang membawa pedang pora. Saat Letkol Kamil Bahtren Pasha dan istri, melangkah meninggalkan halaman Makodim, masing-masing perwira mengangkat pedang poranya secara perlahan secara bergantian.

Pisah sambut yang digelar sederhana di Makodim Sangatta ini merupakan lanjutan dari Sertijab Dandim Sangatta di Makorem 091 ASN, Selasa (20/8) lalu. Dalam Sertijab yang disaksikan Danrem 091 ASN Brigjen TNI Widi Prasetijono, Letkol CZI Pabate yang sebelumnya Danyon Zipur 17 AD Kodam Mulawarman dilantik sebagai Dandim 0909 Sangatta menggantikan Letkol Inf Kamil Bahren Pasha yang mendapat tugas baru sebagai Waasops Kasdivif 1 Kostrad.

“Terima kasih atas kerjasamanya selama ini, maaf saya dan istri serta keluarga jika selama bertugas di Kodim Sangatta berbuat salah,” kata Letkol Inf Kamil Bahren Pasha sebelum meninggalkan Kodim Sangatta.

Penulis : Fram/Khanza
Editor : Ndre
Sumber : Penrem 091/ASN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.