“Pangdam Meninjau Kesiapan Serangan Pemukiman Dalam Rangka Latihan Bersama Indomalphi Middle Land Exercise 2019”

Spread the love

Jurnalline.com, KOREM091 (Samarinda) – Panglima Kodam VI/Mulawarman (Mlw) Mayjen TNI Subiyanto didampingi Asintel Kasdam VI/Mlw Kolonel Inf Sunaryo dan Asops Kasdam VI/Mlw Kolonel Inf Rudi Saladin meninjau Latihan Bersama Indomalphil Middleland Exercise 2019 di Juata krikil, Tarakan, Kalimantan Utara, Senin (5/8/2019).

Materi Serbuan Pemukiman (Sermukim), Fastropping dan penembak runduk pada Latihan Bersama Indomalphil Middleland Exercise 2019 yang ditampilkan oleh anggota Yonif Raider 613/Raja Alam (Rja) disaksikan oleh Pangdam VI/Mlw ini merupakan rangkaian dari materi yang beberapa hari dilatihkan bersama oleh Observer Angkatan Darat Negara Malaysia dan Observer Angkatan Darat Negara Philipina.

Panglima Kodam VI/Mlw Mayjen TNI Subiyanto, mengatakan bahwa Latihan Bersama Indomalphil Middleland Exercise 2019, dalam struktur organisasi latihan Pangdam VI/Mlw sebagai wakil pimpinan latihan dan sebagai pimpinan latihan adalah Panglima TNI. Latihan bersama ini merupakan kerjasama ketiga Kementrian Pertahanan dari negara tersebut, “kata Mayjen TNI Subiyanto.

Tujuan dari latihan bersama ini untuk menjalin kerjasama dalam bentuk latihan bersama, dikarenakan banyaknya gangguan di perbatasan antara Indonesia, Malaysia dan Philipina, maka ada pengamat bukan dari ketiga negara tersebut namum pengamat dari Brunai dan Singapura untuk melihat bagaimana kegiatan latihan ini berlangsung, Pangdam VI/Mlw menambahkan.

Pada kegiatan latihan bersama ini sifatnya mendesain bagaimana latihan bersama ketiga negara mencari idealnya, baru nanti tahun-tahun berikutnya disempurnakan. Dari pantauan Pangdam VI/Mlw sendiri latihan bersama ini sudah siap karena sudah dilaksanakan Pra Latma, maka pada saat akan ditampilkan besok dan dilihat oleh para pengamat dari beberapa negara mereka sudah paham bagaimana pelaksanan kegiatan latihan terkoordinasi dengan baik.

Dengan dilaksanakan latihan bersama ini dihadapkan dengan keadaan di lapangan sudah mendekati kondisi yang nyata, kita sadar bahwa ketiga negara ini mempunyai musuh yang sama yaitu sering terjadi penculikan, peredaran narkoba di daerah perbatasan, maka latihan bersama ini merupakan tindaklanjutan dari kejadian-kejadian tersebut. Dengan harapan kedepan dapat mengatasai bersama-sama masalah yang ada diperbatasan tersebut.

Pada kesempatan ini juga ditampilkan oleh anggota Yonif Raider 613/Rja penembak runduk yang menggunakan senjata SPR3 buatan Pindad yang beramunisi kaliber 7,62 mm, dengan jarak bidik 600 meter, selain dari beberapa materi latihan yang di demontrasikan oleh anggota Yonif Raider 613/Rja.

Disamping kunjungan Pangdam VI/Mlw ini dari Kementrian Pertahanan RI juga ikut dalam kegiatan tersebut yaitu Dirkesin Ditjen Strahan Kemhan RI Brigjen TNI I Putu Eka Asmara Putra, M.Si (Han) meninjau kegiatan Latihan Bersama Indomalphil Middleland Exercise 2019.

Penulis : Fram
Editor : Ndre
Sumber : Penrem 091/ASN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.