TNI-SAF Selenggarakan Latma Counter Terrorism Command Post Exercise Tahun 2019

Spread the love

Jurnalline.com, Puspen TNI – Paban VII/Sops TNI Kolonel Inf Achmad Budi Handoyo bersama Head of Singapore Armed Forces (SAF) Combined Ops Group (COG) Kolonel Koh Ee Wen membuka latihan bersama (Latma) Counter Terrorism Command Post Exercise (CT CPX), bertempat di Multinational Operations and Exercise Center, Changi Naval Base, Singapura, Selasa (20/8/2019).

Pada kesempatan tersebut, Paban VII/Sops TNI menyampaikan bahwa Latma CT CPX yang dilaksanakan di bidang penanggulangan terorisme ini adalah kelanjutan dari Latma antara TNI dan SAF pada tahun 2017 dengan metode Table Top Exercise (TTX) dan pada tahun 2018 dengan metode Staf Exercise (STAFFEX).

Selanjutnya dikatakan bahwa tujuan Latma CT CPX adalah untuk membangun komunikasi yang positif dan memperkuat pertukaran informasi serta kerja sama operasional antara TNI dan SAF di bidang penanggulangan terorisme melalui latihan pos komando dalam rangka perencanaan serta koordinasi operasi keamanan laut terhadap ancaman-ancaman non-tradisional di wilayah perbatasan kedua negara.

“Seluruh peserta latihan diharapkan mampu untuk mengikuti rangkaian latihan ini dengan baik guna mencapai tujuan yang telah disepakati bersama,” katanya.

Menurut Kolonel Inf Achmad Budi Handoyo, merujuk kepada situasi pembangunan regional saat ini, TNI dan SAF memerlukan suatu mekanisme kerja sama yang solid serta pertukaran informasi terstruktur guna menghadapi ancaman serta tantangan dimasa yang akan datang, dengan tetap saling menghormati regulasi dan doktrin yang dimiliki masing-masing Negara.

Sementara itu, Head of SAF COG Kolonel Koh Ee Wen menuturkan bahwa salah satu tantangan utama yang dihadapi oleh pasukan keamanan di wilayah ini adalah ancaman terorisme dan tidak ada negara yang bisa menangani ancaman ini sendirian.

”Penting bagi kedua Angkatan Bersenjata untuk bekerja sama secara erat yang diwujudkan dengan saling berkoordinasi guna berbagi informasi melalui interaksi dan keterlibatan secara langsung”, ujarnya.

Peserta Latma CT CPX diikuti oleh 13 personel TNI dibawah pimpinan Paban VII/Sops TNI Kolonel Inf Ahmad Budi Handoyo selaku Direktur Latihan dan 13 personel SAF yang dipimpin oleh Head of SAF Combined Ops Group (COG) Kolonel Koh Ee Wen.

Penulis : Fram/Yati
Editor : Ndre
Autentikasi :
Kabidpeninter Puspen TNI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.