Panen Raya Di Tengah Musim Kemarau Panjang Mampu Menghasilkan Dan Memuaskan

Spread the love

Jurnalline.com, Lampung Selatan – Gabungan kelompok tani (Gapoktan) di desa Balinuraga, Kecamatan way panji lampung delatan, melakukan panen raya padi hibrida mengundang Plt.Bupati lampung selatan Nanang Ermanto,, Kamis (19/9/2019).

Kegiatan tersebut dalam rangka mendukung “Upsus Pajale” sekaligus pengukuhan Upja Gapoktan “Duta Tani Makmur” Desa Balinuraga, yang dipusatkan di lokasi persawahan Kecamatan way panji

Dalam sambutan nya Plt.Bupati Nanang Ermanto mengatakan panen raya ini merupakan suatu bentuk pelajaran dalam mensyukuri hidup dan nikmat yang diberikan oleh tuhan yang maha Esa

Oleh karena itu, ia berharap kepada para petani jangan mudah menyerah dan mengeluh dengan setiap keadaan. Sebab dalam setiap kesulitan pasti ada jalan yang diberikan oleh Tuhan yang haha Esa

“Contohnya hari ini saja, ditengah musim kemarau para petani yang sebagian lahannya kekeringan, tapi disini (Waypanji-red) bisa panen raya. Hal tersebut di dasari tekad serta kemauan yang luar biasa sehingga mampu menggapai panen yang memuaskan ,” pungkasnya

Menurut Kepala dinas pertanian, tanaman pangan, hortikultura dan perkebunan lampung selatan noviar akmal,
Kegiatan ini terlaksana atas inisiatif dari kelompok tani sebagai ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa atas panen raya serta sebagai ungkapan rasa terima kasih kepada pemerintah yg tidak henti-hentinya memberikan dukungan, arahan serta bimbingan sehingga petani tetap semangat bertani ditengah musim kemarau yang cukup panjang.

Untuk kegiatan panen raya kali ini seluas 1015 Ha sedangkan, bulan berikutnya oktober nanti sekitar 600 Ha padi
Semua lahan tersebut untuk pengairan  menggunakan air sumur bor,” kata Noviar dalam sambutanya.

Kegiatan panen raya hibrida ini, dijelaskan noviar dilaksanakan dihamparan sawah 200 ha. Setiap hektarnya mampu menghasilkan sebnyak 7 ton padi hibrida.

“Untuk harga gabah pajang dijualRp.5100/kg. Sedangkan gabah pendek Rp.4800/kg,” ungkapnya yang juga diamini Kepala UPT Pertanian, Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan, Kuncara.

Sedangkan Ketua Gapoktan Duta Tani Makmur Desa Bali nuraga, Wayan Yase mengungkapkan “Para petani dapat menanam padi hingga panen raya seperti ini karena gigih dan kerja keras walau pun di musim kemarau seperti ini.

Berkat kerja keras dari petani, kami bisa panen ditengah muaim kemarau selama 3 bulan.

Saking sayangnya dengan bupati serta ungkapan rasa syukur atas panen raya ini, kami mengundang pak bupati untuk turut hadir juga menyaksikan panen raya ditengah musim kemarau yg cukup lama pungkas wayan.

Dalam kegiatan ini dihadiri oleh
Dandim 0421/LA Robinson Octavianus Bassie, Kapolsek, kepala OPD, Kementrian Pertanian, Ibu Sri, Anggota DPRD Sukintre (Golkar)
Kepala Dinas Pertanian Prop. Lampung yang diwakili, Muverdi, Kepala Bidang Hortikultura, Kepala Balai pertanian lampung, Kepala Bulog Lampung Selatan, Arif,Kepala BPTP Provinsi Lampung yang juga diwakili, Erdiyansyah dan Kepala BPP Provinsi Lampung, Dadan Sunarsa.

Penulis : Samsul
Editor : Fay

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.