Satgas Yonif MR 411 Kostrad Bantu Cerdaskan Pelajar Perbatasan

Spread the love

Jurnalline.com, Penkostrad – Dengan niat ikut andil dalam mencerdaskan pelajar di wilayah perbatasan, Personel Satgas Yonif MR 411 Kostrad turut membagi ilmunya dengan menjadi tenaga pendidik di SD YPK Sota, Kampung Sota, Distrik Sota, Kabupeten Merauke, Papua, Senin (2/9/2019).

Dengan penuh keceriaan, siswa-siswi kelas 3 dan 4 SD YPK Sota menerima pelajaran membaca, menulis dan berhitung dari dua personel Pos Kout atas nama Praka Angghi Budi Setiawan dan Pratu Imam Safe’i yang telah satu minggu menjadi tenaga pendidik di sekolahan tersebut.

“Ketika hari pertama kami datang mengajar, ditemui masih banyak siswa-siswi kelas 3 dan 4 yang belum bisa membaca, hal itu membuat kami tersentuh untuk bisa mencerdaskan anak-anak sekolah yang berada di perbatasan ini, karena mereka adalah masa depan bangsa,” ucap Praka Anggi.

Sementara itu ditempat terpisah, Wadansatgas Pamtas Yonif MR 411 Kostrad Mayor Inf Ilham Datu Ramang mengatakan, kegiatan ini merupakan program Satgas, selain melaksanakan tugas pokoknya menjaga keamanan di perbatasan RI-PNG, juga turut serta mencerdaskan anak-anak sekolah di tempat penugasan.

“Saat Pra tugas, para prajurit telah dibekali pengetahuan sebagai tenaga didik, sehingga, secara keilmuan dan mental, mereka memang disiapkan untuk itu. Oleh karenanya bekal yang mereka dapatkan, menjadi modal untuk diaplikasikan di daerah penugasan ini,” tambahnya.

Mayor Inf Ilham berharap dengan kehadiran personel Satgas di sekolah-sekolah, dapat meningkatkan motivasi dan semangat pelajar dalam mengikuti pelajaran, serta dapat berperan untuk memajukan pendidikan di daerah perbatasan sama seperti pendidikan yang ada di perkotaan, karena mereka generasi penerus bangsa Indonesia.

Kepala Sekolah SD YPK Sota Semuel Supusepa, S. Pd., mengucapkan terima kasih kepada Satgas Yonif MR 411 Kostrad yang telah bersedia menjadi tenaga didik di sekolah kami. “Semoga murid-murid semakin bersemangat dan termotivasi untuk terus belajar dan meraih prestasi setinggi-tingginya,” ungkapnya.

Penulis : Fram
Editor : Ndre

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.