Satgas Yonmek XXIII-M/UNIFIL Sambut Tahun Baru 1 Muharam 1441 H Dengan Gelar Khatam Quran di Lebanon

Spread the love

Jurnalline.com, Penkostrad – Dalam rangka menyambut tahun baru 1 Muharam 1441/H, prajurit TNI yang tergabung dalam Satgas Yonmek TNI Kontingen Garuda XXIII-M/UNIFIL (United Nations Interim Force In Lebanon) yang sedang melaksanakan tugas sebagai pasukan perdamaian di wilayah Lebanon Selatan menggelar kegiatan Khatam Al Qur’an, Yasinan serta doa bersama bertempat di Rubhall UNP 7-1 Adchit Al Qusayr, Lebanon Selatan. Sabtu (31/8).

Kegiatan yang secara langsung dipimpin oleh Dansatgas Yonmek TNI Konga XXIII-M/UNIFIL Letkol Inf Arfa Yudha Prasetya dengan penceramah Ustad Sabri Haryadi, dihadiri oleh Wadansatgas Mayor Inf Adbul Samad, para Perwira Staf beserta seluruh personel Satgas yang tidak berdinas khusus saat itu.

Kegiatan diawali dengan Khatam Al Qur’an oleh personil Satgas melalui pembacaan lantunan ayat suci Al Qur’an secara bersama-sama, dilanjutkan dengan salat Maghrib dan Isya berjamaah, ceramah singkat dan sebagai puncak acara dilaksanakan pembacaan surat Yasin bersama serta diakhiri dengan doa dan ramah tamah.

Pada kesempatan itu, Ustad Sabri Haryadi dalam ceramahnya menyampaikan kepada seluruh prajurit untuk menjadikan momentum Tahun Baru 1 Muharam 1441 Hijriyah ini sebagai wahana mengingatkan diri untuk tetap taat dan patuh terhadap perintah Allah SWT, dengan menjalankan segala perintahnya dan menjauhi segala larangannya, serta mengajak kepada seluruh prajurit untuk selalu bersyukur, karena dengan bersyukur maka Allah SWT akan terus melimpahkan rezeki dan rahmatnya kepada kita semua.

Dansatgas Yonmek TNI Konga XXIII-M/UNIFIL Letkol Inf Arfa Yudha Prasetya juga menyampaikan bahwa kegiatan Khatam Quran ini tidak hanya dilaksanakan oleh anggota Satgas yang berada di Markas Batalyon namun juga dilaksanakan oleh seluruh prajurit Satgas yang berada di Pos atau Kompi-kompi luar dengan waktu yang diselenggarakan secara bersamaan.

Ditambahkan pula oleh Dansatgas, bahwa dengan perayaan 1 Muharam 1441 Hijriyah diharapkan dapat menjadi momentum hijrah atau pindahnya suatu umat manusia dari hal yang buruk menuju hal kebaikan, serta mengingatkan kita untuk selalu berintropeksi diri terhadap sikap dan perilaku yang kurang baik menuju arah kebaikan.

“Dengan Hikmah tahun baru 1 Muharam 1441 H diharapakan seluruh prajurit dapat berintropeksi diri, berbenah diri, meninggalkan segala sifat buruk dan sebagai sarana mendekatkan diri kepada Allah SWT,” tegasnya.

Selanjutnya sebagai penutup rangkaian kegiatan, dilaksanakan doa bersama, untuk memohon kelancaran Satgas dalam pelaksanakan tugas sebagai pasukan penjaga perdamaian di Lebanon Selatan, serta memohon kepada Allah SWT terhadap perkembangan situasi bangsa Indonesia khususnya yang terjadi di Papua, agar kembali menjadi aman dan kondusif sehingga keutuhan wilayah NKRI tetap terjaga.

Penulis : Fram
Editor : Ndre

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.