Sekolah Model Dan Pola Pendampingan, Pengimbasan, Sistem Penjamin Mutu Pendidikan Internal (SPMI)

Spread the love

Jurnalline.com, Lampung Selatan – Acara pelatihan dimulai dari jam 07.30 yang di laksanakan di gugus pangeran antasari, Dalam gugus ada 9 sekolah yang tergabung, diambil hanya 6 peserta di antara nya, SDN 1 ruguk, SDN 2 ruguk, SDN 2 sumur, SDN 3 sumur, SDN 4 sumur dan SDN legundi.

Yang Tidak mengikuti SDN 1 sumur, SDN 5 sumur, SDN tri darmayoga setiap sekolah mengirim peserta meliputi kepala sekolah komite sekolah model lima guru, Selasa (3/9).

Pelatihan ini di laksanakan bertujuan untuk meningkatkan kwalitas sekolah,
Kriteria sekolah yang masuk dalam sekolah model,siswanya mencapai 200 siswa/i, atau menengah ke atas.

SUYADI S.Pd. Selaku Plt. Kepala sekolah model SDN 2 Sumur, Kecamatan ketapang Karna itu memang di danai oleh pemerintah, kita menyambut dengan positif. Dengan tujuan mengacu pada 8 standar pendidikan, yaitu :
1. Standar isi
2. Standar proses
3. Kompetensi lulusan
4. Pengelolaan
5. Penilayan
6. Pendidik dan tenaga kependidikan
7. Sarana dan prasarana
8. Pembiayaan

Dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan guru dan kepala sekolah, di dalam melaksanakan tugas sehari-hari.

Di sela – sela waktu istirahat Isman, S.pd, selaku (pasda) fasilitator daerah menjelas kan tujuan utk melatih sekolah model, Seperti sosialisasi dan rapat kerja.

Sekolah model ini ada 1, mengimbaskan 5 sekolah,
Di ambil dari rapor mutu, pelatihan ini di mulai tahun 2017.2018.2019.

Kegiatan ini pertama sosialisasi secara umum di laksanakan di sekolah dasar kekiling,Isman menjelaskan tahap pertama sosialisasi SPMI ( Sistem Penjaminan Mutu Internal) dan rapat kerja perencanaan pemenuhan mutu, diikuti 50 peserta pada waktu 8 agustus 2019.

Kemudian ditindaklanjuti tahap kedua diikuti 25 peserta, Tahap kedua ini dilaksanakan dua kegiatan (2 hari) rapat kerja pelaksanaan pemenuhan mutu dari rapot mutu sekolah, di sekolah model SDN 2 sumur, rapat kerja yg di dampingi langsung oleh lembaga LPMP, setelah ini akan di adakan audit, kegiatan ini dilaporkan pertanggungnya pada bulan nopember 2019 paparnya.

Cecillia yuliana, SE.MM sebagai staf lembaga penjaminan mutu pendidikan (LPMP) yg di tunjuk untuk mewakili mendampingi pelaksanaan kegiatan SPMI (sistim penjaminan mutu internal) di gugus pangeran antasari ini, Dengan dasarnya permendikbud nomor 28 tahun 2016 utk penjaminan mutu internal sekolah tegasnya.

Penulis : Samsul
Editor : Fay

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.