Uji Kompetensi Wartawan Digelar PWI Prov Sulut Oktober 2019 Mendatang

Spread the love

Jurnalline.com, Minahasa – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sulut, pada pertengahan bulan Oktober 2019 mendatang, bakal melaksanakan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) untuk para jurnalis yang berada di Kabupaten Minahasa.

Ketua PWI Provinsi Sulut Drs VoukeLontaan mengatakan, bahwa UKW ini adalah merupakan hasil kesepakatan Piagam Palembang tahun 2010, tentang kesepakatan perusahaan pers nasional untuk mengikuti standar kompetensi wartawan yang berlaku dengan undang undang.

“UKW ini dilaksanakan adalah berdasarkan amanat Peraturan Dewan Pers No. 1/Peraturan-DP/II/2010 tentang Standar Kompetensi Wartawan, di seluruh Indonesia.” pungkasnya.

Akan hal ini, Awak media yang ada di kabupaten Minahasa dikatakan Ketua Panitia pelaksanaan UKW yang ada di Minahasa Fernando Lumanauw mengatakan, diapresiasi UKW yang baru kali pertamanya dilaksanakan di Kabupaten Minahasa tujuannya yakni untuk tingkat Wartawan Muda. Sementara untuk jumlah kelas, menurutnya masih terbatas pada dua kelas.

“Untuk tahap awal, UKW kita laksanakan baru sebatas dua kelas. masing-masing kelas berjumlah enam orang, total ada dua belas peserta UKW. Nanti setelah UKW ini sukses, kita laksanakan lagi UKW tahap berikutnya,” jelasnya.

Lumanauw mengaku, UKW ini sengaja dilaksanakan untuk meningkatkan kualitas dan profesionalitas para jurnalis yang ada di Minahasa, menegakkan kemerdekaan pers berdasarkan kepentingan publik, menjaga harkat dan martabat kewartawanan sebagai profesi khusus penghasil karya intelektual dan menghindari penyalahgunaan profesi wartawan.

Diapun berharap, pemerintah Kabupaten Minahasa bisa mendukung pelaksanaan UKW ini. Karena UKW ini dilaksanakan juga untuk membantu Pemkab dalam upaya menjalin hubungan yang profesional dengan para jurnalis yang sudah berkompeten di Kabupaten Minahasa.

Senada dikatakan Johnparansi ketua PWI kota Tomohon, mengapresiasi dilaksanakannya UKW bagi wartawan muda, hal ini tujuannya agar para wartawan akan semakin kompeten dan independensi dalam mengemban tugas mulia dalam menyuarakan kepentingan publik, “Semoga akan lahir pewarta pewarta muda yang berkualitas dan berintegritas, independen berharap kabupaten kota dapat melaksanakannya.” tukasnya

Penulis : EffendyIskandar
Editor : Fay

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.