Kajati Sulut Tinjau Proyek Strategis Nasional Bendungan Kuwil

Spread the love

Jurnalline.com, Sulawesi Utara – Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Sulut Andi M. Iqbal Arief, SH.MH, didampingi Wakajati Sulut A. Dita Prawitaningsih, SH.MH bersama Kepala Balai Wilayah Sungai (BWS) Sulawesi I Ir. Mochammad Silachoedin, ME, Senin (07/10/2019) meninjau Pembangunan Bendungan Kuwil-Kawangkoan di Kabupaten Minahasa Utara (Minut) Provinsi Sulut.

Proyek Pembangunan Bendungan Kuwil-Kawangkoan di Kabupaten Minut merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) yang ada di Sulawesi Utara, dimana pelaksanaan pekerjaannya di lakukan Pengawalan dan Pengamanan (Walpam) oleh TP4D Kejaksaan Tinggi Provinsi Sulawesi Utara.

“Tiba di lokasi Proyek tepatnya di Gardu Pandang pukul 09.30 Wita pagi tadi, Kajati langsung menanyakan tentang progres pekerjaan serta permasalahan yang di hadapi dalam pelaksanaan pekerjaan.”

Kajati bersama rombongan kemudian mendapatkan penjelasan tentang progres pekerjaan Bendungan Kuwil-Kawangkoan serta permasalahan dan tindak lanjutnya yang di sampaikan oleh Kepala SNVT Bendungan BWS Sulawesi I Novie M. Ilat, ST. Sp.1 dan melakukan peninjauan di beberapa lokasi pelaksanaan pekerjaan.

“Diketahui bahwa Lokasi pertama yang di kunjungi adalah pelaksanaan Pembangunan Intake (Awal terowongan/Saluran pengelakan), Setelah itu Kajati bersama rombongan mengunjungi lokasi pekerjaan Main Dame (Tubuh Bendungan) dan dilanjutkan ke lokasi pekerjaan Spillway.” tukas Penkum Kajati Yoni malakka

Diketahui Tempat terakhir yang di tinjau Kajati bersama rombongan adalah lokasi Saluran Outlet (Terowongan Pengelak).

Pada saat melakukan peninjauan, Kajati Sulut memerintahkan kepada Tim TP4D yang melakukan Walpam agar melaksanakan tugas dengan maksimal sehingga pekerjaan yang dilaksanakan bisa berlangsung dengan baik, tepat waktu, tepat mutu dan tepat sasaran.

“Koordinasi dan keterbukaan Pihak SNVT Bendungan Balai Wilayah Sungai Sulawesi I, dalam bersama-sama mengidentifikasi potensi permasalahan hukum yang timbul di setiap tahapan pekerjaan untuk menentukan strategi pengawalan dan pengamanan yang efektif sesuai permasalahan hukum yang ditemukan, sehingga pembangunan dapat berjalan tepat waktu, tepat mutu dan tepat sasaran.” Harap Kajati

Adapun manfaat dari Pembangunan Bendungan Kuwil-Kawangkoan ini adalah Untuk pengendalian banjir Kota Manado dan sekitarnya; Penyediaan air baku untuk penduduk Kota Manado, Kab. Minut dan Kota Bitung; Pembangkit tenaga Listrik dan Pengembangan pariwisata.

Turut hadir mendampinggi Kajati Sulut Asisten Intelijen Stanley Yos Bukara, SH.MH, selaku Ketua TP4D, Asbin Akhmad Syahrir Harahap, SH.MH, Koordinator M. Ilham, SH.MH, Koordinator Muchsin, SH.MH, Kasi D Sterry F. Andih, SH.MH dan jajaran TP4D Kejati Sulut serta Kasi Intel Kejari Minut Eka Putra Polimpung, SH.MH, jajaran Balai Wilayah Sungai Sulawesi I, Para Penyedia Jasa (PT. WIKA-DMT, KSO dan PT. NINDYA KARYA (PERSERO) dan Para Konsultan Supervisi bersama jajaran masing-masing.

Penulis : EffendyIskandar
Editor : Fay

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.