Mabesal Peringati Hari Kesaktian Pancasila

Spread the love

Jurnalline.com, Jakarta – Segenap prajurit baik Perwira, Bintara dan Tamtama serta Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang berdinas di Markas Besar Angkatan Laut (Mabesal) mengikuti peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang dipimpin oleh Asisten Pengamanan (Aspam) Kasal, Laksamana Muda TNI Angkasa Dipua, S.E., M.M., di Lapangan Apel Denma Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (1/10).

Upacara diawali dengan laporan Komandan Upacara Letkol Laut (P) Agus Ali H, yang sehari-hari menjabat sebagai Pabandya Pampers Ban II Pam Spamal kepada Irup. Kemudian dilanjutkan dengan Mengheningkan Cipta dan Pembacaan Teks Pancasila yang diikuti segenap peserta upacara. Pada upacara ini juga dilaksanakan Pembacaan UUD 1945, Pembacaan Ikrar serta Pembacaan Doa, yang berlangsung secara khidmad.

Upacara yang diperingati setiap tanggal 1 Oktober ini merupakan momen peringatan peristiwa bersejarah perjalanan bangsa Indonesia yang berusaha mengganti ideologi Pancasila dengan paham Komunis oleh partai Komunis Indonesia (PKI) serta mengenang gugurnya para Pahlawan Revolusi akibat kebiadaban G. 30 S/ PKI pada tahun 1965.

Penulis : Fram
Editor : Ndre
Sumber : Berita Dinas Penerangan Angkatan Laut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.