Pangdivif 2 Kostrad Kunjungi Museum Taruna Abdul Jalil Magelang

Spread the love

Jurnalline.com, Jakarta – Disela-sela kunjungan kerjanya ke jajaran Brigif Mekanis Raider 6 Kostrad dan Yonarmed 11 Kostrad, Panglima Divisi Infanteri 2 Kostrad Mayjen TNI Tri Yuniarto, S.A.P, M.Si, M.Tr (Han) menyempatkan diri mengunjungi Museum Taruna Abdul Jalil di Magelang, Jawa Tengah. Kamis (10/10).

Museum Taruna Abdul Jalil merupakan salah satu fasilitas pendidikan Akademi Militer yang menyediakan beragam koleksi yang mempunyai peranan cukup penting dalam proses pendidikan perwira dan taruna. Museum seluas 980 m2, ini berjarak sekitar satu kilometer ke arah Selatan dari pusat Kota Magelang. Abdul Jalil merupakan seorang taruna Akademi Militer Yogyakarta yang gugur pada tanggal 22 Februari 1949 demi mempertahankan kemerdekaan RI di pelataran Sambiloto, Kalasan, Yogyakarta.

Museum Taruna Abdul Jalil mengoleksi senjata, peralatan pendidikan militer sejak Akademi Militer Nasional (AMN). Museum ini diresmikan pertama pada tanggal 4 Oktober 1964 oleh Brigadir Jenderal TNI Soerono Reksodimejo, kemudian dengan perkembangan jumlah koleksi yang bertambah banyak maka memerlukan ruangan yang lebih luas sehingga diresmikan gedung baru dengan nama “Museum Taruna” oleh Gubernur AMN Mayor Jenderal TNI Achmad Tahir pada tanggal 05 Oktober 1968.

Pada tanggal 10 November 1975, museum diresmikan lagi oleh Mayor Jenderal Wijogo Atmodarminto dengan nama “Museum Taruna Abdul Jalil”.

Pangdivif 2 Kostrad merupakan lulusan Akademi Militer Tahun 1989 serta menyandang gelar Adhi Makayasa yang artinya lulusan terbaik. Tampak Mayjen TNI Tri Yuniarto, S.A.P., M.Si., M.Tr (Han) didampingi Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Koorcab Divif 2 PG Kostrad, Ibu Ria Tri Yuniarto, melihat foto Pangdivif 2 Kostrad ketika masih menjadi siswa Akmil. Pangdivif 2 Kostrad juga mengunjungi Pohon Kenari yang dulu pernah ditanam olehnya kini sudah tumbuh besar.

Penulis : Fram
Editor : Ndre
Sumber : Penkostrad

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.