Panglima Divisi Infanteri 2 Kostrad Hadiri Pembukaan Pameran Alutsista TNI

Spread the love

Jurnalline.com, Jakarta – Panglima Divisi Infanteri 2 Kostrad, Mayjen TNI Tri Yuniarto, S.AP., M.Si., M.Tr (Han)., menghadiri acara pameran Alat Utama Sistem Senjata (Alutsista) TNI yang digelar oleh Garnisun Tetap (Gartap) III/Surabaya, bertempat di Lapangan Arafuru, Markas Komando Akademi Angkatan Laut, Bumimoro, Surabaya. Minggu (6/10).

Pameran Alutsista kali ini dibuka langsung oleh Komandan Garnizun Tetap III/Surabaya yang juga Panglima Komando Daerah Militer V Brawijaya, Mayor Jenderal TNI R Wisnoe Prasetja Boedi bersama Panglima Komando Armada II Laksamana Muda TNI Mintoro Yulianto.

Koordinator Umum Panitia Pameran Alutsista TNI yang juga Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut V Laksamana Pertama (Laksma) TNI Tedjo Sukmono menyampaikan, bahwa pameran ini merupakan rangkaian kegiatan untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 TNI Tahun 2019.

Beiau juga menuturkan, berbagai kendaraan tempur dan persenjataan TNI Angkatan Darat (AD), TNI Angkatan Laut (AL) dan TNI Angkatan Udara (AU) terbaru dipamerkan dalam pameran ini. Selain juga diramaikan dengan penampilan 100 stan pameran yang berasal dari 11 industri pertahanan nasional.

“Alutsista tersebut diantaranya TNI AD menampilkan peralatan tempur MLRS Astros, Tank Leopard, Panser Anoa, MMS, LMS, Panser Panhard, dan aneka senjata laras panjang dan pendek,” terangnya.

Selain itu, TNI AL menampilkan Tank BMF-3F, Tank LVT 7, Tank Aligator, Radar Hughes, Truck Ahmad, Cheeta Kendaraan Jihandak, Meriam HOW 105 mm dan aneka senjata lainnya. Sedangkan TNI AU menampilkan aneka senjata serta berbagai miniatur pesawat tempur.

“Tema pameran adalah TNI Profesional Kebanggaraan Rakyat. Kami ingin menunjukkan berbagai Alutsista yang dimiliki oleh TNI saat ini dan merupakan momentum penting untuk menunjukkan peningkatan kemampuan dan modernisasi Alutsista sebagai bentuk pertanggungjawaban TNI kepada rakyat,” pungkasnya.

Sementara itu, Pangdivif 2 Kostrad Mayjen TNI Tri Yuniarto, S.AP., M.Si., M.Tr (Han)., menyampaikan, bahwa selain dalam rangka HUT ke-74 TNI, pameran Alutsista ini juga bertujuan untuk memberi pengetahuan terhadap seluruh masyarakat, agar masyarakat lebih mengenal dan mengetahui alat utama sistem senjata TNI. Selain itu, pameran ini juga wujud kemanunggalan antara TNI dengan rakyat.

Pangdivif 2 Kostrad menambahkan bahwa Divif 2 Kostrad juga memamerkan Alutsistanya pada acara tersebut, diantaranya MLRS Astros dari Yonarmed 1 Kostrad, Tank Leopard dari Yonkav 8 Kostrad serta Panser Anoa dari Kikav 8 Kostrad.

Penulis : Fram
Editor : Ndre
Sumber : Penkostrad

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.