Penilaian Kampung PHBS Di Hadiri Tim Verifikasi Kota Tangerang

Spread the love

Jurnalline.com, Kota Tangerang – Senin 14 Oktober 2019 – Tim Verifikasi Penilaian Kampung Pola Hidup Bersih dan sehat (PHBS) Kota Tangerang sambangi RT 01 RW 04, kelurahan Pabuaran Tumpeng, Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang.

Selain melakukan penilaian Kampung PHBS, Tim Verifikasi juga menyambangi Kelompok Wanita Tani (KWT) yang juga berada RT 01 RW 02. PHBS sendiri meliputi kebersihan lingkungan, penghijauan, Cici tangan, bank sampah dan rumah sehat.

Sekretaris Pokja 1, Tim penggerak PKK Kota Tangerang Anita Tedi, mewakili tim verifikasi mengatakan, bahwa pihaknya bekerjasama dengan Dinkes serta FKTS Kota Tangerang hari ini melakukan Verifikasi Penilaian Kampung PHBS di RT 01 RW 10 kelurahan Pabuaran Tumpeng.

Rangkaian acara kp. PHBS sebelumnya kita lakukan mulai dari sosialisasi dan lain – lain. Mulai banyak penilaian – penilaian yang dilakukan,” ujarnya.

Menurut Anita, Verifikasi program PHBS di kampung-kampung sudah ditentukan titiknya oleh Pemkot, meliputi 10 indikator pelaksanaan PHBS nya. Dan akan dilakukan selama 9 hari.

“Hari ini kita tim 11, sudah melakukan di 4 RW yang ada di 2 kelurahan.
Untuk kecamatan meliputi Karawaci dan Cibodas, seluruhnya dilakukan serentak di wilayah kota Tangerang di 105,” terangnya.

Lebih lanjut Anita menjelaskan tujuan PHBS adalah ingin menjadikan kota Tangerang ini kota sehat.
Program PHBS ini akan berlanjut terus baik pembinaan dan sosialisasinya.

“Yang mendapat bantuan tanaman dan pupuk harus terus kita cek dan memverifikasi untuk memastikan programnya berjalan apa tidak.
Untuk itu pembinaan akan terus kita lakukan, tukasnya.

Khususnya di RW 04 kita nilai penghijauannya saya rasa cukup ya, namun untuk 10 jenis tanaman sayur sayuran saya nilai kurang,” imbuhnya

Anita menambahkan, pihaknya akan terus menerus membina dan mengingatkan serta mengajak masyarakat, untuk merubah perilaku kurang bersih dan kurang sehat menjadi hidup bersih dan sehat yang tujuannya memang untuk merubah perilaku masyarakat.

“Jika masyarakatnya sudah bisa merubah perilaku berbasis PHBS, maka lingkungannya otomatis menjadi bersih dan sehat, pungkasnya.

Penulis : Tris
Editor : Ndre

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.