Satgas Yonif MR 411 Kostrad Kenalkan Militer di Sekolah SMK N 1 Elikobel

Spread the love

Jurnalline.com, Jakarta – Untuk menjaring minat pelajar yang ada di Perbatasan RI-PNG menjadi prajurit TNI, Satgas Yonif Mekanis Raider 411 Kostrad melaksanakan sosialiasasi pengenalan militer kepada Siswa-siswi SMK Negeri 1 Elikobel, Distrik Elikobel, Kabupaten Merauke, Papua. Senin (21/10).

Dalam sosialisasi ini, personel Pos Kotis yang berjumlah 7 orang dipimpin oleh Serda Ripan Agus melaksanakan sosialisasi secara langsung di depan para siswa-siswi SMK Negeri 1 Elikobel. Dikenalkan jenis-jenis senjata yang digunakan oleh TNI, macam-macam perlengkapan, baju seragam yang dipakai, serta tugas pokok menjadi prajurit.

Kopda Yasin Asari saat menerangkan kegunaan helm dan rompi mengatakan, bahwa fungsi helm adalah sebagai pelindung kepala saat melaksanakan gerak atau taktik perang, sedangkan rompi baja memiliki fungsi sebagai pelindung saat terjadi kontak senjata dengan musuh.

Ditempat terpisah, Perwira Penerangan (Papen) Satgas Yonif Mekanis Raider 411 Kostrad Kapten Chk Agung Priyadi mengatakan, bahwa sosialisasi pengenalan tentang dunia militer khususnya TNI AD bertujuan untuk memperkenalkan tugas-tugas dan juga segala sesuatu yang berhubungan dengan perlengkapan yang digunakan oleh seorang prajurit.

“Lewat kegiatan ini, diharapkan para siswa lebih mengenal lagi tentang TNI dan dapat menumbuhkan rasa bangga terhadap negara Indonesia yang memiliki kekuatan TNI yang diperhitungkan oleh dunia internasional, sehingga setelah tamat sekolah berminat untuk mendaftarkan diri menjadi prajurit TNI,” ucap Kapten Chk Agung.

Salah seorang siswa SMK Negeri 1 Elikobel Cristian Gebze, yang bercita-cita menjadi tentara mengaku senang dengan kegiatan pengenalan militer yang diberikan Satgas. Biasanya hanya melihat ditelevisi namun hari ini dapat melihat langsung jenis senjata, pakaian serta perlengkapan yang digunakan oleh TNI.

Sementara itu, Guru SMK Negeri 1 Eligobel Bapak Agus mengucapkan terima kasih kepada Satgas Yonif Mekanis Raider 411 Kostrad yang telah memberikan sosialisasi tentang dunia militer kepada para pelajar, “tentunya hal ini adalah sesuatu yang baru, para siswa-siswi mendapatkan pengetahuan baru dan akan memunculkan minat mereka untuk menjadi prajurit TNI yang memiliki tugas mulia menjaga keutuhan dan kedaulatan NKRI,” tambahnya.

Penulis : Fram
Editor : Ndre
Sumber : Penkostrad

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.