Tiga Jabatan Strategis TNI AL Diserahterimakan

Spread the love

Jurnalline.com, Jakarta — Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M., memimpin upacara serah terima jabatan (sertijab) tiga jabatan strategis TNI Angkatan Laut, yaitu Panglima Koarmada I, Panglima Koarmada II dan Panglima Kolinlamil. Upacara tersebut berlangsung di Lapangan Apel Detasemen Markas (Denma) Markas Besar Angkatan Laut (Mabesal), Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (15/10).

Panglima Koarmada II yang sebelumnya dijabat oleh Laksamana Muda TNI Mintoro Yulianto, S.Sos., M.Si., selanjutnya akan dijabat oleh Laksamana Muda TNI Heru Kusmanto, S.E., M.M., yang sebelumnya menjabat Panglima Komando Lintas Laut Militer. Laksda TNI Mintoro Yulianto selanjutnya dipromosikan sebagai Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) menggantikan Laksamana Madya TNI Wuspo Lukito, S.E., M.M., yang akan memasuki masa purna tugas.

Sementara itu pada jabatan Panglima Koarmada I yang sebelumnya dijabat oleh Laksamana Muda TNI Yudo Margono, S.E., M.M., diserahterimakan kepada Laksamana Muda TNI Muhammad Ali, S.E., M.M. Laksda TNI Muhammad Ali sebelumnya menjabat sebagai Koordinator Staf Ahli Kasal sejak Januari 2019, sedangkan Laksda TNI Yudo Margono selanjutnya akan menjabat sebagai Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I.

Sedangkan pada jabatan Panglima Kolinlamil yang sebelumnya dijabat oleh Laksda TNI Heru Kusmanto, S.E., M.M., akan dijabat oleh Laksma TNI Ahmadi Heri Purwono, S.E., M.M., yang sebelumnya menjabat Kepala Staf Koarmada II Surabaya.

Dikatakan oleh Kasal saat memimpin upacara tersebut, bahwa penyerahan tongkat estafet kepemimpinan ini merupakan realisasi dari regenerasi di lingkungan TNI AL. Menurutnya, hal ini memiliki nilai dan arti strategis dalam proses pembangunan sumber daya manusia dan peningkatan profesionalisme, baik secara organisasi maupun personel.

“Dengan demikian, rotasi jabatan pada tingkat eselon pimpinan Komando Utama ini diharapkan akan mampu memberikan semangat serta penyegaran pemikiran, melalui ide dan gagasan baru yang lebih inovatif serta kreatif, bagi peningkatan kinerja organisasi”, ungkap Laksamana TNI Siwi Sukma Adji.

Dalam kesempatan ini Kasal juga mengungkapkan tentang peranan penting Koarmada dan Kolinlamil dalam mendukung kepentingan nasional dan pencapaian pembangunan kekuatan laut.

“Koarmada bertugas membina kekuatan dan kemampuan komponen SSAT, kemampuan peperangan laut, serta kesiapan operasional guna melaksanakan operasi militer perang dan operasi militer selain perang. Sedangkan Kolinlamil memiliki tugas untuk membina kemampuan sistem Angkutan Laut Militer (Anglamil) termasuk membina potensi Angkutan Laut Nasional (Anglanas) untuk kepentingan pertahanan negara di laut, serta melaksanakan angkutan administratif, taktis dan strategis, baik dalam operasi militer untuk perang maupun operasi militer selain perang”, tandasnya.

Dalam upacara Sertijab tiga jabatan Komando Utama TNI AL ini, diikuti sebanyak 8 Kompi gabungan prajurit TNI AL dari wilayah Jakarta, yang terdiri dari Kompi Perwira, Bintara, Tamtama, Kompi Polisi Militer Angkatan Laut, Kompi Kowal, Kopaska TNI AL, Prajurit Marinir, Penerbang AL, serta kompi Pegawai Negeri Sipil TNI AL.

Penulis : Fram
Editor : Ndre
Sumber : Berita Dinas Penerangan Angkatan Laut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.