Cegah Malaria, Satgas Yonif Raider 509 Kostrad Laksanakan Pemeriksaan Kesehatan

Spread the love

Jurnalline.com, Jakarta – Kesibukan tugas misi Pengamanan Perbatasan yang dilakukan Satgas Pamtas Yonif Raider 509 Kostrad, tidak menghalangi untuk melakukan pemeriksaan kesehatan. Satgas Yonif Raider 509 Kostrad bersama Puskesmas Arso melaksanakan pemeriksaan kesehatan rutin di Pos Kout, Distrik Arso Tami, Kab. Keerom Papua. Jum’at (25/10).

Kegiatan tersebut meliputi pemeriksaan darah para prajurit beserta masyarakat sekitaran pos. Pemeriksaan ini dilakukan secara rutin tiga bulan sekali oleh Tim Kesehatan Kab. Keerom dan Dokter Satgas Yonif Raider 509 Kostrad Letda Inf dr. Abraham Valent Wibisono.

Wakil Komandan Satuan Tugas (Wadansatgas) Kapten Inf Rhetorica Tiertha Amandica,S.IP. menyampaikan data dari status diagnosa kesehatan bertujuan untuk mengetahui sedini mungkin kesehatan prajurit 509. Sebab ditempat saait ini bertugas sangat tinggi penyakit malaria tentu memerlukan tingkat kewaspadaan dan pencegahan dini terhadap salah satu penyakit utama tersebut.

Pada kesempatan itu, Rheto memerintahkan untuk memeriksakan kesehatan anggotanya agar kondisi kesehatan pasukan terdeteksi secara dini. Apabila ada anggota Satgas menderita penyakit segera dapat diambil langkah-langkah penanggulangan.

“Hal ini wajib dilaksanakan, mengingat tugas para prajurit dimedan tugas sangat lah berat. Sehingga faktor kesehatan sangat diutamakan dalam hal ini, khususnya dalam pengecekkan malaria,” ujarnya.

Untuk menjaga kesehatan fisik prajurit Satgas, dalam seminggu melaksanakan olahraga tiga kali.

“Olahraga yang mudah dilaksanakan adalah joging (lari) dilanjutkan dengan pull up, push up dan sit up. Diharapkan dengan keseimbangan fisik dan psikis, selesai penugasan kondisi stamina prajurit selalu prima,” imbuhnya.

Penulis : Fram
Editor : Ndre
Sumber : Penkostrad

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.