Jelang Keberangkatan Ke Lebanon, Pangkoarmada II Berikan Pengarahan Kepada Prajurit Satgas MTF TNI Konga XXVIII- L UNIFIL/Lebanon

Spread the love

Jurnalline.com, Surabaya –
Panglima Koarmada II Laksda TNI Heru Kusmanto didampingi Ketua Daerah Jalasenastri Armada II atau KDJA II Ny. Yayuk Heru Kusmanto, memberikan pengarahan kepada Satgas Maritime Task Force (MTF) TNI Konga XXVIII-L Unifil/Lebanon beserta keluarga yang berlangsung di Lounge Majapahit Markas Koarmada II pada Jumat (29/11).

Dalam pengarahannya Pangkoarmada II mengatakan bahwa keberadaan Satgas Maritim TNI di Lebanon merupakan bagian dari penugasan PBB. Karenanya para prajurit TNI AL yang lulus seleksi patut berbangga menjadi bagian dari kontingen Garuda, sebab ini merupakan tugas mulia dan istimewa menjadi duta bangsa di forum internasional.

Lebih lanjut Pangkoarmada II menjelaskan, konflik berkepanjangan mengakibatkan situasi di Lebanon tidak menentu sehingga sulit mewujudkan suasana kondusif dan aman. Namun pada kenyataannya kehadiran Satgas MTF tidak hanya berhasil menjalankan tugas utama mereka, tetapi juga berhasil memberikan kenyamanan dalam perdagangan dan perekonomian khususnya di laut.

“ Saya himbau mengingat waktu penugasan yang relatif lama, agar para prajurit senantiasa menjaga keselamatan dengan tidak lupa lebih mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa. Pada setiap kesempatan adakan komunikasi dengan keluarga, berikan bimbingan, pemahaman dan solusi pada setiap permasalahan yang dialami, “ tandas orang nomor satu di jajaran Koarmada II ini.

Pangkoarmada II juga tidak lupa mengucapkan terima kasih atas dukungan moril yang diberikan oleh keluarga yang sementara waktu ditinggalkan. Hal ini sangat berpengaruh dan merupakan tambahan kekuatan bagi mental spiritual para prajurit Satgas MTF TNI Konga XXVIII-L Unifil .

Senada dengan Pangkoarmada II, Ketua DJA II Ny. Yayuk Heru Kusmanto juga memberikan sedikit pesan kepada para istri prajurit Satgas MTF TNI Konga XXVIII-L Unifil/Lebanon, yakni agar selalu menjaga anak-anak dan anggota keluarga lainnya dirumah. Karena secara otomatis mereka menggantikan peran sebagai bapak selama ditinggal tugas oleh suami tercinta.

“Jaga dan rawatlah putra- putrinya selama suami melaksanakan tugas mulia ini. Doakan suami agar selama bertugas dapat melaksanakannya dengan baik dan lancar serta selamat sampai kembali ke tanah air nanti,” tutur Ny. Yayuk Heru Kusmanto kepada para istri yang ikut mendampingi dalam acara tersebut.

Menurut rencana 119 prajurit TNI AL yang tergabung dalam Satgas MTF TNI Konga XXVIII-L Unifil/Lebanon akan dilepas keberangkatannya oleh Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto pada pertengahan Desember 2019 nanti di Jakarta. Menggunakan KRI Diponegoro-365 yang dikomandani oleh Letkol Laut (P) Ludfy sekaligus selaku Komandan Satgas , seluruh personel akan melaksanakan tugas mulia sebagai pasukan perdamaian PBB selama kurang lebih 1 tahun. Keberadaan satgas ini juga akan menggantikan satgas sebelumnya yakni Satgas MTF TNI Konga XXVIII-K Unifil bersama KRI Sultan Hasanuddin-366 dari jajaran Satuan Kapal Eskorta Koarmada II.

Ikut hadir dalam acara tersebut antara lain Kaskoarmada II, Irkoarmada II, para Asisten Pangkoarmada II, para Kasatker Mako Koarmada II, para Pengurus Jalasenastri Armada II dan para prajurit serta keluarga.

Penulis : Fram
Editor : Ndre
Sumber : Dinas Penerangan Koarmada II

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.