Kelompok Tani Senang Dapat Bantuan Sapi Australia Sebanyak 15 Ekor Betina

Spread the love

Jurnalline.com, Lampung Selatan – kelompok tani suka mukti Dusun suka sugih Desa marga jasa kecamatan Sragi kabupaten lampung selatan (Lamsel) menerima bantuan 15 ekor Sapi betina jenis Brahan Cros (BC) dari Dirjen kementerian peternakan RI melalui jalur Aspirasi Dewan perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR- RI) Dapil lampung 1 (satu) pada tahun 2018, jum’at (1/11/2019).

Rosidin selaku ketua kelompok tani ketika di temui di dalam kandang setelah memberi rumput yang segar untuk makan sapi bersama sekertaris mengatakan
kelompok tani Suka Mukti memiliki 20 anggota yang terdiri

Ketua Rosidin, selaku bendahara Anwar, sekertaris Agus gunawan
Anggota nama Koko Komarudin, Musni Mubarok, Enceng Muhri, Jumidin, Nanang Supriyatna, Maman Nurjaman, Anwar Nurkhosihin, Iwan, Wawan, Edi, Bahrum, Karmana, Syahdi, Samsudin, .Agus Gunawan, Abdul somad, Zainal Abidin, Purwana.

“Kelompok kami Mendapat bantuan hibah sapi betina sebayak 15 ekor betina pada bulan desember 2018 , bantuan tersebut langsung di serahkan oleh menteri perternakan kepada kelompok, berupa sapi bukan berbentuk uang ,” kata nya

Untuk di kecamatan sragi ini baru kelompok kami yang mendapat bantuan sapi jenis ini kalau yang lain mendapat bantuan sapi lokal (biasa- red)

“Bantuan ini hanya berupa sapi aja tidak ada uangnya atau dana untuk buat kandang, sebab syarat untuk mendapat kan bantuan ini harus ada kandang terlebih dahulu, kalau gak ada kandang tidak dapat, maka dari itu kami anggota sumbangan untuk buat kandang dengan ukuran Lebar 8 meter x panjang 20 meter , menghabiskan biaya sebesar 50 juta,” ucap Ketua.

Kami merasa senang karena sudah dibantu,dengan adanya bantuan sapi ini, kelompok kami kedepannya akan maju dan anggotanya sejahtera terus berkembang

“Saya ucapkan bayak terimakasih kepada pemerintah khususnya kementerian perternakan dan kami ucapkan bayak terima kasih juga kepada bapak Sudin DPR RI serta bapak Taman DPRD lamsel mudah – mudahan kelompok kami kedepannya mendapat bantuan sumur bor karena air sangat kami butuhkan untuk membersihkan kandang dan memandikan sapi,” ujar Rosidin

Agus gunawan selaku sekertaris menambahi program ini tujuannya ingin memajukan kelompok dan ingin mensejahterakan anggota.

Walau pun bantuan sapi ini bentuknya hibah, namun bantuan ini terus dipantau dan di awasi oleh dinas perternakan kabupaten dan provinsi.

Setiap hari anggota mencari makan sapi bareng-bareng , sebab sapi jenis ini tidak mau di beri makan jenis jerami walau di olah permentasi karena sapi jenis ini maunya rumput yang segar, setiap sore anggota kami memberi makan dan membuang kotoran sapi.

“Saya taksir harga sapi ini pada waktu baru datang seharga 20 juta per ekornya. Alhamdullilah kelompok kami mendapat bantuann sapi ini, kami merasa sangat terbantu dan senang,

Harapannya kedepan, mudah-mudahan kedepan kami mendapat bantuan lagi, yang berupa sumur bor dan mesin Cover untuk proses penghancur pakan,” tutupnya.

Penulis : Samsul
Editor : Fay

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.